(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Puncak Hujan Meteor Orionid Akan Terjadi Akhir Pekan Ini

Rusmanto
Rusmanto

Puncak Hujan Meteor Orionid Akan Terjadi Akhir Pekan Ini ilustrasi

WinNetNews.com - Akhir pekan ini merupakan puncak hujan meteor Orionid. Jika kamu tak ada kegiatan, bersiaplah memandang gelapnya langit dan tunggulah pada dini hari 21 Oktober 2018. Sebab pada momen itu, adalah puncaknya hujan meteor tersebut.

Hujan meteor ini tergolong istimewa dibanding dengan hujan meteor lainnya. Pada puncak ini, intensitas meteor yang melesat di atmosfer bumi bisa mencapai belasan atau puluhan meteor per jamnya. 

Dalam catatan riwayat pengamatan, hujan meteor tersebut bisa melesatkan 40-70 meteor per jam, bahkan kadang bisa mencapai 80 meteor per jam. 

Dikutip dari Space, Jumat 19 Oktober 2018, pakar meteor dari Badan Antariksa Amerika Serikat, Bill Cook mengatakan, umumnya hujan meteor Orionid ini akan menampilkan 15-20 meteor per jam. Jumlah meteor ini yang terlihat oleh mata telanjang. 

Cook memprediksi, untuk puncak hujan meteor Orionid tahun ini, akan jumlah meteor yang melesat di atmosfer akan lebih kecil dibanding puncak pada 2017 dan 2016.

Cook mengatakan, beberapa meteor Orionid akan terlihat begitu cepat dan terang. Sebab meteor ini melaju dengan kecepatan sampai 238 ribu kilometer per jam. 

Kecepatan itu masih 6 kilometer per jam lebih lambat dibanding hujan meteor Leonid. Cook mengatakan hujan meteor Leonid merupakan yang hujan meteor dengan kecepatan tercepat pada tahun ini. 

Hujan meteor Orionid merupakan lintasan sisa debu ekor Komet Halley. Komet ini merupakan komet yang mendekati Matahari setiap 76 tahun dan baru akan tampak lagi pada 2061. 

Tiap Oktober terjadi lintasan meteor yang muncul dari rasi bintang Orion. Momen ini biasanya menampakkan hujan meteor, yang merupakan lintasan sisa debu ekor Komet Halley. Karena hujan meteor muncul dari rasi Orion, maka disebut hujan meteor Orionid. (vivacoid)

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});