Punya Masalah Rambut? Jangan Sembarangan Minum Suplemen!

Rani
Rani

Punya Masalah Rambut? Jangan Sembarangan Minum Suplemen!

WinNetNews.com - Berbagai cara dilakukan para wanita untuk mendapatkan rambut yang sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi suplemen vitamin minum agar mahkota cepat panjang, kuat, lebat, dan berkilau. Apalagi untuk mereka yang mengalami kerontokan rambut dan tidak berhasil mengembalikan pertumbuhannya dengan produk perawatan. Jika Anda juga tengah mempertimbangkan suplemen vitamin rambut, ketahui empat hal ini sebelum meminumnya:

1. Pelajari Suplemen

Sebelum memutuskan untuk minum suplemen, coba ketahui terlebih dahulu kegunaannya. Kandungan vitamin A, omega 3s, dan B-compleks biasanya ditawarkan dalam suplemen rambut karena dikenal bermanfaat kecantikan.

Menurut Holly Phillips, MD, vitamin B-compleks, seperti biotin dan folic acid mungkin tidak dapat secara instan melebatkan atau memperindah rambut dan kuku namun memang bisa membantunya. Sedangkan Omega 3 bisa dikonsumsi sekitar 600 miligram sehari agar bermanfaat untuk kecantikan. Adapun vitamin A disarankan untuk dikonsumsi dari multivitamin saja agar tidak terlalu tinggi dosisnya untuk sistem tubuh Anda.

2. Tahu Cara Kerja Vitamin

Sebagian dari Anda mungkin ingin beralih pada vitamin berwujud suplemen karena sudah lelah mencoba berbagai sampo, masker, atau serum. Namun hindari berharap terlalu jauh karena fungsi suplemen tersebut hanya membantu. Agar hasilnya lebih maksimal, coba perbaiki pula pola makan dengan memperbanyak sayur, buah, dan ikan.

"Ini bukanlah vitamin spesial yang masuk ke sistem dan secara ajaib mengubah rambut dan kuku. Mereka mungkin bisa membantu fungsi tubuh secara keseluruhan yang nantinya berkontribusi terhadap kulit dan kuku yang sehat, tapi hal yang sama bisa didapatkan dari pola makan seimbang," ungkap Holly kepada Style Caster.

3. Sabar, Jangan Mengharap Keajaiban

Meski begitu, suplemen tetap pantas Anda konsumsi untuk membantu memperindah rambut dan kuku dari dalam. Tapi jangan mengharapkan perubahan dalam sekejab apalagi untuk Anda yang sebenarnya tidak kekurangan vitamin A, B kompleks, atau omega. Untuk melihat hasil yang maksimal, beberapa orang memang harus meminumnya dalam jangka panjang.

"Suplemen yang akan Anda minum akan membantu memperbaiki kuku yang akan tumbuh selanjutnya. Jadi kamu tidak akan melihat hasilnya untuk empat atau lima bulan ke depan. Itu juga jika kamu konsisten dalam meminumnya," saran Holly.

4. Lebih Banyak Tak Berarti Lebih Baik

Walau bisa membantu menyehatkan rambut dan kuku, suplemen vitamin punya dampak buruk. Bila dikonsumsi terlalu banyak dan tak sesuai kondisi tubuh, Anda berisiko overdosis. Apalagi untuk Anda yang di keseharian sudah mendapatkan gizi yang berkecukupan dari makanan, vitamin tersebut mungkin tidak akan berpengaruh.

"Kita tahu bahwa kekurangan vitamin bisa menyebabkan kerontokan rambut dan kuku patah, tetapi meminum vitamin tambahan ketika kamu sudah dalam tingkat yang cukup? Tidak ada bukti, itu akan membantu Anda terlihat lebih baik," kata Holly.

Apa Reaksi Kamu?