Punya Pasangan yang Kecanduan Gadget? Ini Tips untuk Menghadapinya
ilustrasi

Punya Pasangan yang Kecanduan Gadget? Ini Tips untuk Menghadapinya

Senin, 8 Jul 2019 | 07:45 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kecanduan gadget dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa, bahkan pasangan Anda. Menghadapi pasangan yang kecanduan gadget bisa jadi lebih sulit ketimbang anak karena salah-salah menegur, hal itu justru dapat memicu konflik.

Mengapa pasangan Anda bisa kecanduan gadget?

Dr. David Greenfield, seorang pakar dalam masalah kecanduan teknologi, menyatakan bahwa penggunaan gadget memiliki efek yang mirip dengan penggunaan mesin judi. Perbedaannya, rasa senang bersumber dari informasi yang masuk ke gadget.

Informasi tersebut pada umumnya berupa pesan teks, chat, email, hingga setiap like dan komentar pada akun media sosial. Semua informasi ini dapat merangsang pelepasan hormon yang disebut dopamin.

Dopamin berperan dalam mengatur pusat rasa senang di dalam otak. Produksi dopamin yang meningkat akan menimbulkan rasa senang sehingga pasangan Anda terus menginginkan apa pun yang menjadi pemicunya.

Mekanisme serupa juga terjadi ketika seseorang berhubungan seks, berbelanja, atau melakukan kegiatan lain yang menimbulkan rasa bahagia. Namun, Anda harus menentukan kapan saatnya berhenti agar tidak berubah menjadi kecanduan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...