Punya Tekanan Darah Rendah, Tapi Ingin Diet? Ini Tipsnya

Punya Tekanan Darah Rendah, Tapi Ingin Diet? Ini Tipsnya ilustrasi timbang berat badan ( Foto-thinkstock)

WinNetNews.com - Memiliki keluhan lemas dan suka pusing merupakan salah satu ciri dari orang yang mengalami darah rendah. Darah rendah sendiri merupakan keadaan di mana tekanan darah kita berada di bawah normal. Normalnya, tekanan darah berada di angka 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg.

Kalau orang yang memiliki tekanan darah rendah mau diet, apakah bisa? Dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan kardiovaskular, dr Yudistira Panji Sentosa, SpPd-KKV, mengatakan, seseorang yang mengalami darah rendah masih diperbolehkan menjalankan diet dengan catatan tidak mengabaikan asupan nutrisinya.

"Boleh diet, asalkan nutrisinya diperhatikan, harus yang mengandung garam alias yodium, protein dan lemak" tuturnya, seperti dikutip dari situs detikHealth, Jakarta, Minggu (7/10/2018).

Demi mencapai hasil yang maksimal, dokter Yudis menyarankan diet tersebut dibantu dengan olahraga. Ia pun tidak membatasi olahraga apapun untuk orang yang memiliki tekanan darah rendah.

"Untuk olahraganya juga bebas, tapi harus dimulai dengan pemanasan, baru olahraga, setelah itu pendinginan. Tidak boleh langsung heboh," tutup dr Yudis.