Punya Teman Narsis? Ini Cara Menyikapinya
ilustrasi

Punya Teman Narsis? Ini Cara Menyikapinya

Selasa, 10 Des 2019 | 13:51 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Setiap orang memiliki kepribadian sendiri-sendiri. Ada yang kepribadiannya sangat baik dan ada juga yang selalu memikirkan diri sendiri. Lebih lanjut ada seseorang yang kepribadiannya selalu membanggakan dirinya sendiri, sombong, atau cenderung mengalami sifat narsistik yang sangat besar.

Narsistik adalah Suatu Gangguan Kejiwaan

Menghadapi seseorang dengan kondisi narsistik ini tidak mudah. Kalau Anda salah melakukannya bisa menyebabkan masalah seperti rasa salah paham hingga pertengkaran.

Selama ini kita mengenal seseorang dengan sifat narsistik selalu membanggakan dirinya baik secara fisik atau pencapaiannya. Namun, ada sesuatu yang perlu kita perhatikan bersama-sama. Kondisi narsistik ini juga merupakan tanda dari gangguan bernama narcissistic personality disorder (NPD).

Orang dengan gangguan NPD biasanya sering merasakan beberapa hal di bawah ini.

  • Selalu merasa bangga dengan dirinya sendiri. Rasa bangga ini mungkin biasa atau berlebihan bagi orang lain. Namun, baginya sangat hebat dan patut ditunjukkan.
  • Seseorang dengan kondisi ini biasanya membutuhkan banyak pujian. Apa yang dilakukan butuh mendapatkan perhatian. Kalau orang lain mengabaikannya, orang dengan gangguan narsistik ini akan merasa dirinya dihina.
  • Selalu mengambil kesempatan atau kelebihan dari orang lain. Sebisa mungkin dia mendapatkan sesuatu yang hebat dari orang lain tidak peduli bagaimanapun caranya.
  • Tidak bisa memberikan perhatian pada mereka yang membutuhkan. Orang yang narsis hanya mengenal dua tipe orang. Pertama orang yang tertarik dengannya dan orang yang mengabaikannya.
  • Lebih lanjut orang yang cenderung memiliki jiwa narsistik ini biasanya gampang sensitif. Mereka tidak bisa menerima saran orang lain karena merasa dirinya lebih hebat dari yang lain.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...