Punya Vagina Kering? Mungkin Ini Penyebabnya dan Barikut Cara Atasinya
ilustrasi

Punya Vagina Kering? Mungkin Ini Penyebabnya dan Barikut Cara Atasinya

Rabu, 8 Apr 2020 | 06:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Vagina kering adalah kondisi yang bisa dihadapi oleh setiap wanita, terutama mereka yang telah memasuki masa menopause. Ini adalah tanda khas dari genitourinary syndrome of menopause atau yang dikenal dengan sebutan atrofi vagina. Kondisi ini membuat jaringan vagina menjadi lebih tipis dan lebih mudah teriritasi akibat penurunan alami kadar estrogen. Lantas, bagaimana cara mengatasi vagina kering? Simak penjelasan selengkapnya di sini.

Cara Mengatasi Vagina Kering

Terdapat banyak pilihan perawatan yang tersedia untuk mengatasi vagina kering. Seorang dokter dapat meresepkan obat dan beberapa dapat diperoleh tanpa resep. Berikut adalah berbagai cara mengatasi vagina kering yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

Estrogen Topikal

1. Ring (Estring)

Dokter akan memasukkan cincin lembut dan fleksibel ke dalam vagina, kemudian cincin ini membantu aliran estrogen yang stabil langsung ke jaringan. Cincin ini harus diganti setiap 3 bulan.

2. Tablet (Vagifem)

Anda menggunakan aplikator sekali pakai untuk meletakkan tablet ke dalam vagina sekali sehari selama dua minggu pertama perawatan.

3. Krim (Estrace, Premarin)

Anda menggunakan aplikator untuk memasukkan krim ke dalam vagina. Anda biasanya akan mengoleskan krim setiap hari selama 1 hingga 2 minggu, kemudian mengurangi menjadi satu hingga tiga kali seminggu sesuai dengan arahan dokter.

Penting untuk diketahui, setiap produk estrogen dapat memiliki efek samping, seperti pendarahan vagina dan nyeri payudara. Estrogen topikal mungkin tidak direkomendasikan ketika Anda:

  • Mengalami kanker payudara, terutama jika Anda menggunakan aromatase inhibitor.
  • Memiliki riwayat kanker endometrium.
  • Memiliki pendarahan vagina yang tidak jelas penyebabnya.
  • Sedang hamil atau menyusui.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...