(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Puskesmas Dan Rumah Sakit Di Bengkulu Tetap Bisa Melayani Saat Libur

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Puskesmas Dan Rumah Sakit Di Bengkulu Tetap Bisa Melayani Saat Libur
WinNetNews.com - Rumah sakit umum (RSU) dan puskesmas di Bengkulu, selama libur Tahun Baru 2016 buka 24 jam untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis.

"Saya sudah instruksikan seluruh RSU dan puskesmas di Bengkulu siaga 24 jam selama libur Tahun Baru. Ini dilakukan agar jika ada masyarakat yang membutuhkan pertolongan dapat dilayani dengan baik," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu, Amin Kurnia, di Bengkulu, Rabu (30/12).

Ia mengatakan, khusus untuk pelayanan di instalasi gawat darurat (IGD) di setiap RSU dan puskesmas induk harus aktif 24 jam. Sebab, pengalaman selama ini setiap libur Tahun Baru banyak terjadi kecelakaan lalu lintas.

Karena itu, petugas medis di setiap RSU dan puskesmas induk aktif 24 jam, sehingga jika ada pasien kecelakaan dapat dilayani dengan cepat, dan jika ada korban yang perlu perawatan khusus langsung dirujuk ke RSU M Yunus Bengkulu.

 

Amin menambahkan, pihaknya juga menyiagakan perawat, dokter umum, dan dokter spesialis di setiap RSU dan puskesmas induk selama libur Tahun Baru. Hal ini dilakukan untuk memperlancar pelayanan di ruang IGD di setiap RSU dan puskesmas induk di Bengkulu, selama libur tahun baru.

"Jadi, kita selain membuka pelayanan IGD 24 jam selama libur Tahun Baru juga menyiapkan dokter umum, dokter spesialis, dan perawat. Ini semua kita berikan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah ini," ujarnya.

Demikian pula stok obat-obatan di setiap puskesmas di masing-masing kabupaten dan kota di Bengkulu, akan ditambah sesuai kebutuhan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan obat.

Meski demikian, Amin yakin stok obat-obatan di setiap puskemas induk dan rawat inap di masing-masing kabupaten dan kota di Bengkulu, dijamin tidak akan kekurangan. Sebab, puskesmas induk dan rawat inap setara dengan RSU tipe C, sehingga stok obat ada setiap saat.

Namun, pihaknya perlu melakukan penambahan stok obat guna menghadapi libur nasional Tahun Baru 2016 nanti, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan dengan baik.

(seperti dilansir BeritaSatu)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});