Putin Akan Temui Erdogan dan Rouhani untuk Bahas Suriah

Rusmanto
Rusmanto

Putin Akan Temui Erdogan dan Rouhani untuk Bahas Suriah istimewa

WinNetNews.com - Ibu Kota Rusia, Moskow, akan menjadi tuan rumah bagi pertemuan pemimpin Rusia, Iran dan Turki. Pertemuan ini akan membahas konflik yang terjadi di Suriah.

Dilansir dari AFP, Sabtu (29/12/2018), pertemuan ini akan berlangsung pada awal tahun 2019. Pembahasan konflik Suriah ini dilakukan setelah Amerika Serikat memutuskan menarik pasukannya dari Suriah.

"Sekarang giliran kami untuk menjadi tuan rumah KTT, sekitar minggu pertama tahun ini. Ini akan tergantung pada jadwal presiden," ujar wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov seperti dikutip oleh kantor berita Interfax.

Pertemuan ini akan menjadi langkah baru dalam proses perdamaian Astana. Proses perdamaian Astana sendiri didirikan pada awal 2017 oleh Rusia dan Iran, yang mendukung peraturan Presiden Bashar al-Assad di Suriah, serta pendukung oposisi Turki.

Beberapa delegasi dijadwalkan akan hadir dalam pertemuan ini. Di antaranya delegasi Turki yang terdiri dari Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu dan Menteri Pertahanan Hulusi Akar.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan pihaknya menarik 2.000 tentara AS dari Suriah. Trump mengklaim bahwa jihadis Negara Islam telah dikalahkan.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Rusia akan Jadi Tuan Rumah Pertemuan Putin, Erdogan, Rouhani Bahas Suriah"
 

Apa Reaksi Kamu?