Putin Kembali Calonkan Diri Sebagai Presiden Rusia 2018

Putin Kembali Calonkan Diri Sebagai Presiden Rusia 2018istimewa

WinNetNews.com - Vladimir Putin mengonfirmasi bahwa ia akan maju dalam pemilihan Presiden Rusia yang digelar tahun depan. Selama ini, kabar tersebut masih menjadi tanda tanya besar.

"Ya, saya akan mencalonkan diri sebagai presiden Rusia," kata Putin saat bertemu dengan para pekerja di pabrik Gorkovsky Avtomobilny Zavod di Nizhny Novgorod Rabu waktu setempat seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (7/12/2017).

"Negara adalah rakyat, seperti Anda semua. Negara adalah pekerja, ilmuwan, insinyur, perancang, guru dan doktor," tutur Putin di hadapan pekerja dan veteran pabrik tersebut seraya menambahkan bahwa dengan keterlibatan aktif rakyat, Rusia dapat menghadapi tantangan yang paling rumit sekalipun.

Pilpres Rusia mendatang yang dijadwalkan berlangsung pada 18 Maret akan menjadi yang keempat kalinya dalam karier politik Putin. Pria berusia 65 tahun tersebut sebelumnya menjabat Presiden untuk dua periode, yakni pada 2000 hingga 2008. Kemudian ia menjadi Perdana Menteri pada 2008 hingga 2012.

Jabatan ketiga diemban Putin pada 2012 hingga hari ini. Media Rusia melaporkan bahwa Putin akan maju sebagai kandidat independen, namun hal ini belum dikonfirmasi.

Putin dilaporkan menikmati tingkat kepercayaan yang tinggi dari rakyatnya. Menurut jajak pendapat yang dilakukan VTSIOM, Putin setidaknya mengantongi dukungan 82 persen pada akhir September. (liputan6com)