Putin Serahkan Bola Piala Dunia ke Trump
istimewa

Putin Serahkan Bola Piala Dunia ke Trump

Selasa, 17 Jul 2018 | 09:41 | Rusmanto

WinNetNews.com - Suasana Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia dibawa oleh Presiden Vladimir Putin ke ruang konferensi pers bersama Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Keduanya berjumpa dalam pertemuan puncak bersejarah di Helsinki, Finlandia, pada Senin (16/7/2018). 

Setelah Trump menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan penyelenggaraan Piala Dunia di Rusia, Putin menyerahkan bola Piala Dunia 2018 berwarna putih-merah kepada suami Melania Trump itu. 

Diwartakan AFP, pemberian bola tersebut digunakan untuk meringankan suasana konferensi pers yang sedikit tegang, usai rentetan pertanyaan tentang Suriah dan ikut campur Rusia dalam pemilihan umum AS. 

"Saya akan memberikan bola kepada Anda, dan sekarang bola ada di lapangan Anda. Apalagi Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2026," kata Putin. 

Trump menyambut bola yang diberikan kepada Putin. Dia berharap AS akan menjadi tuan rumah Piala Dunia yang sukses seperti Rusia. 

Dia juga berjanji akan memberikan bola itu kepada putranya, Barron, yang berusia 12 tahun. 

Setelah mengucapkan terima kasih kepada Putin, Trump melemparkan bola tersebut ke arah Melania yang duduk di barisan kursi depan podiumnya. 

"Bola ini untuk anak saya, Barron. Melania, tangkap ini," ucapnya, seperti dilansir New York Post. 

 

 

Namun, bola itu memantul dan ditangkap oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, yang duduk di samping Melania. 

Kemudian, Melania menaruh bola tersebut di pangkuannya sampai konferensi pers berakhir. Setelah itu, dia menyerahkan bola ke personel Secret Service dan diperiksa dengan alat pemindai. 

Senator Partai Republik Lyndsey Graham mengomentari diplomasi sepak bola ala Putin tersebut. Dia berpendapat, bola harus diperiksa untuk mengetahui ada atau tidaknya perangkat tertentu. 

"Jika itu saya, maka saya akan memeriksa bola untuk mengetahui adanya perangkat dan tidak akan pernah memasukkan bola tersebut ke Gedung Putih," kicaunya di Twitter. 

Pertemuan Trump dan Putin menggarisbawahi sejumlah isu strategis dalam hubungan bilateral, seperti spekulasi tentang ikut campur Rusia dalam pemilu AS yang memenangkan Trump sebagai presiden. 

Trump juga ingin memperbaiki hubungan AS dengan Rusia yang selama ini memburuk. Selain itu, perkembangan senjata nuklir dan kerja sama dengan untuk mendukung gencatan senjata di Suriah selatan juga dibahas keduanya. (kompascom)


 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...