Putra Farhan Alami Pendarahan di Paru-Paru, Sebelum Tutup Usia

Putra Farhan Alami Pendarahan di Paru-Paru, Sebelum Tutup Usia

WinNetNews.com - Presenter Farhan kehilangan putra pertamanya yang bernama Muhammad Ridzky Khalid akibat penyakit leukemia. Semasa hidup, putra Farhan termasuk anak yang memiliki kebutuhan khusus, dan ia tak banyak mengeluh dengan penyakitnya.

"Tadinya saya nggak yakin bisa cerita sama teman-teman (soal kematian Ridzky) tapi ada banyak yang menguatkan saya untuk berbagi," ucap presenter senior tersebut ketika ditemui di Ciputat, Tangerang Selatan, Jawa Barat, Minggu (20/12).

Kondisi kanker darah yang diderita almarhum terbilang cukup ganas, leukemia tersebut sudah mencapai tahap empat. Getah bening dari remaja berusia 16 tahun itu sudah sampai tulang belakang, dan pembuluh darah di paru-parunya pun pecah sehingga tak bisa diselamatkan dengan bantuan medis.

"Kiki (panggilan Ridzky) meninggal karena Leukemia. Sebenarnya kita sudah melakukan pemeriksaan dan siap kemo. Tapi Allah berkehendak lain. Dia mengalami pendarahan di paru-paru yang menyebabkan gagal nafas sehingga harus dirawat intensif," tuturnya.

image0

Almarhum Ridzky sempat koma selama 8 hari sebelum menghembuskan nafas terakhirnya. Dalam komunikasi terakhir sebelum koma, almarhum Ridzky seolah sempat berpamitan dengan mengucap assalamualaikum.

"Sejak itu (pembuluh darah di paru pecah) dia nggak sadar. Hari demi hari tubuhnya diserang sampai Jumat tanggal 18 dinyatakan mati batang otak. Dalam 2x24 jam setelah pernyataan itu pengobatan dihentikan dan kami sekeluarga menyerahkan diri kepada Allah," ungkap Farhan.

Farhan berusaha ikhlas melepas anak pertama yang telah ia besarkan namun harus pergi terlebih dahulu. Almarhum dimakamkan hari ini di TPU Tanah Kusir, Senin (21/12).

"Minggu jam 13.40 WIB Kiki mengembuskan napas terakhir. Insyaallah khusnul qotimah. Dia meninggalkan kenangan indah di kami keluarganya, kesan mendalam di hati sahabat-sahabatnya," tandasnya.