Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn Ditetapkan Jadi Raja Thailand
Putera Mahkota Maha Vajiralongkorn ( sumber:http://aceh.tribunnews.com/)

Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn Ditetapkan Jadi Raja Thailand

Jumat, 2 Des 2016 | 18:26 | Rike

WinNetNews.com-Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn (64), ditetapkan jadi raja baru Thailand hari Kamis usai dia menerima undangan dari parlemen guna menggantikan ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, yang meninggal pada Oktober lalu. Raja baru Thailand ini dikenal dengan nama Raja Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun.

Dikutip dari Sindonews.com, Departemen Hubungan Masyarakat Parlemen Thailand dalam pernyataannya mengatakan Vajiralongkorn telah ditetapkan sebagai raja baru Thailand dan sudah bertemu dengan Pornpetch Wichitcholchai, Presiden Dewan Perwakilan Nasional, di Istana Dusit Bangkok.

”Saya ingin menerima undangan untuk kepentingan rakyat Thailand,” ucap raja baru Thailand ini di sebuah pernyataan yang disiarkan stasiun televisi setempat, seperti dikutip Reuters, Jumat (2/12/2016).

Diplomat senior dari Barat menyebutkan, kesediaan Vajiralongkorn naik tahkta bakal menghilangkan kekhawatiran sejumlah analis bahwa Kerajaan Thailand menuju periode ketidakstabilan usai kematian Raja Bhumibol. Diplomat itu menolak disebut namanya, karena berbicara mengenai keluarga kerajaan menjadi masalah sensitif di Thailand.

”Suksesi kerajaan ini menyoroti keinginan untuk stabilitas dan kontinuitas di Thailand,” ucapnya.

Thailand selama beberapa pekan tidak dipimpin seorang raja usai Vajiralongkorn menunda naik takhta sejak mangkatnya Raja Bhumibol. Untuk mengisi kekosongan takhta, kepala dewan penasihat raja, Prem Tinsulanonda, 96, ditunjuk menjadi wali yang fungsinya sebagai “raja sementara” Thailand.

Raja Maha Vajiralongkorn—yang akan dikenal menjadi Rama X, atau Raja ke-10 dari Dinasti Chakri Thailand—kalah populer ketimbang ayahnya. Dia menghabiskan banyak masa dewasanya di luar negeri dan memiliki rumah di Jerman.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...