Skip to main content

Putusan Kasus Sudah Inkrah, Dimana Ahok Akan Jalani Kurungan?

Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Hasoloan Sianturi/Foto: Zool WNN
Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Hasoloan Sianturi/Foto: Zool WNN

WinNetNews.com – Pencabutan banding dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) terkait kasus penodaan agama yang mengganjal Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah diterima oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Sebelumnya, Ahok sendiri juga telah memutuskan untuk tidak mengajukan banding.

“Pengadilan Tinggi sudah menerima pencabutan banding dari terdakwa dan JPU yang ditetapkan pada Selasa (13/06/2017). Penetapan sudah dikirim oleh panitera Pengadilan Tinggi pada hari Rabu dan kami menerima Rabu sore kemarin. Besok (Senin) rencananya akan kami kirimkan penetapan ini ke JPU,” kata Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Hasoloan Sianturi, Minggu (18/06/2017).

Dengan dicabutnya berkas banding, baik oleh Ahok maupun Jaksa, maka status Ahok telah inkrah alias berkekuatan hukum tetap. Adapun untuk eksekusi Ahok, lanjut Hasoloan, adalah kewenangan dari Jaksa Penuntut Umum. Mengenai lokasi untuk Ahok setelah ada putusan yang mengikat, ia juga menegaskan bahwa hal itu merupakan kewenangan dari Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Mengenai tempat terpidana akan menjalani hukum setelah keputusan berkekuatan tetap, ada di otoritas Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kalau untuk melaksanakan eksekusi, yang menjadi eksekutor adalah JPU. Jadi tempat yang menentukan adalah Dirjen Pemasyarakatan,” lanjutnya.

“Kalau besok sampai, besok saya tanyakan ke paniteraan PN Jakarta Utara. Lalu akan dikirim ke kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Utara. Kalau sudah disana, pihak Jaksa yang akan menentukan kapan eksekusi terdakwa menjadi terpidana,” jelasnya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top