Qatar Bangun Stadion Al Thumama yang Berdesain 'Gahfiya' Peci Bulat

Qatar Bangun Stadion Al Thumama yang Berdesain 'Gahfiya' Peci Bulat

WinNetNews.com - Terdapat delapan stadion baru yang tengah dibangun di Qatar sebagai persiapan menjadi tuan rumah hajatan akbar Piala Dunia 2022, salah satunya adalah Stadion Al Thumama.

Desain Al Thumama, yang dirilis dua minggu silam, langsung menarik perhatian karena bentuknya yang unik dan inovatif. Arena berkapasitas 40 ribu tempat duduk ini menyerupai "gahfiya", peci bulat yang merupakan komponen esensial pada pakaian tradisional Arab.

Stadion Al Thumama dijadwalkan selesai dibangun tiga tahun mendatang dan akan menggelar beberapa laga dari fase grup hingga babak perempat-final Piala Dunia di Qatar, yang dimulai pada 21 November 2022.

"Inspirasi di balik desain ini muncul selaras dengan janji Qatar bahwa Piala Dunia ini akan menjadi ajang yang dirayakan seluruh kawasan ini," ungkap Ibrahim Jaidah, arsitek yang mendesain Al Thumama.

image0

"Saya yakin ini akan menjadi desain stadion yang beresonansi dengan komunitas Arab, dan kami luar biasa bangga dapat merancang venue inovatif ini."

"Kami bekerja keras bersama-sama dengan 13 mitra untuk menghasilkan desain ini. Selama fase perancangan dan konsepsi, banyak memori masa kecil yang muncul, mengingat-ingat saat kami berjalan di sekitar kawasan Aljasra dengan mengenakan pakaian tradisional kami, termasuk thawb (jubah) dan gahfiya."

Ibrahim Jaidah menuturkan desain berbentuk gahfiya ini ditujukan untuk mempromosikan kultur Arab kepada publik dunia.

image1

"Saya sangat bangga dan gembira dapat berkontribusi merancang salah satu stadion yang akan menggelar Piala Dunia pertama di kawasan Arab," tuturnya.

"Fakta bahwa desain stadion ini terinspirasi dari kultur Arab menunjukkan seberapa besar keinginan Qatar untuk mempromosikan kultur Arab dengan menyelenggarakan event universal ini."

Al Thumama akan dilengkapi dengan akses berstandar kelas dunia untuk penyandang disabilitas dan teknologi pendingin revolusioner agar event olahraga bisa diadakan sepanjang tahun di stadion ini selepas turnamen.

Usai Piala Dunia kapasitas stadion akan dikurangi menjadi 20 ribu karena separuh tempat duduk modular yang bisa dibongkar pasang bakal didonasikan kepada negara-negara berkembang sepakbola.