Quraish Shihab Ungkap Alasan Menolak Dipanggil Habib: Akhlak Saya Belum Sesuai
Foto: detikcom

Quraish Shihab Ungkap Alasan Menolak Dipanggil Habib: Akhlak Saya Belum Sesuai

Senin, 16 Nov 2020 | 13:40 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Ulama sekaligus mantan Menteri Agama Quraish Shihab mengungkapkan alasannya enggan dipanggil habib. 

Menurutnya, panggilan tersebut memikul tanggung jawab yang amat besar. 

"Gelar Habib itu aslinya yang mencintai dan dicintai. Kalau Anda mau dicintai enggak mau mencintai, bertepuk sebelah tangan, buruk,” kata Quraish dalam kanal YouTube El Fauzan.

“Salah satu tingkatannya Habib karena itu suatu kebutuhan yang baik yang menuntut tanggung jawab,” lanjutnya.

Ayah dari Najwa Shihab tersebut menyebut alasan dirinya merasa tidak layak mendapat panggilan habib adalah karena akhlaknya yang belum sesuai dengan ajaran agama.

“Kiai pun, saya enggak mau bergelar Kiai. Kiai itu orang yang dalam ilmunya, akhlaknya baik. Saya ilmunya belum dalam. Akhlak saya belum sesuai dengan apa yang diajarkan agama. Jadi tidak usah panggil saya habib,” ungkap Quraish Shihab.

Atas dasar tersebutlah, Quraish Shihab merasa dirinya belum siap jika dirinya mendapat panggilan habib.

“Biarkan saya berjuang dulu. Semoga setelah saya meninggal, orang bilang ‘oh itu Habib’ . Tapi sekarang tidak,” kata dia.

Ia juga menambahkan bentuk tanggung jawab lain yang harus dipikul sebagai seorang pewaris nabi adalah mampu memberi solusi atas permasalahan saat ini.

“Kiai-kiai kita kan seperti itu. Mereka menjawab pertanyaan lalu memberikan solusi. Karena ulama itu menurut Alquran sebagai pewaris Nabi adalah orang-orang yang mampu memberikan solusi atas problematika-problematika khususnya saat ini,” urai Quraish.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...