Rabu Besok Muhammadiyah Rayakan Idul Adha

Rabu Besok Muhammadiyah Rayakan Idul Adha

Jakarta, WinGamers - Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, tentang Perayaan Hari Raya Idul Adha Muhammadiyah yang jatuh pada hari Rabu (23/9). Penetapan ini lebih cepat satu hari dari ketetapan pemerintah yakni pada hari Kamis (24/9).

Perbedaan perayaan hari raya umat Islam di Indonesia memang sudah kerap kali terjadi. Tahun lalu pun terjadi perbedaan pendapat terkait Idul Adha. Dalam pertemuannya dengan presiden kali ini dirinya juga mengusulkan agar Indonesia memiliki kalender yang mampu diterima secara global.

Baca juga artikel: KAI Siapkan Gerbong Tambahan Untuk Idul Adha

Menurutnya unifikasi kalender hijriah internasionaldiperlukan untuk menemukan titik temu tentang perbedaan hari raya yang selama ini terjadi di Indonesia. Umat Islam Muhammadiyah sudah merayakan puasa hari ini. Selain itu Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti juga mengharapkan agar pemerintah memberikan perhatian yang sama kepada umat muslim yang merayakan Idul Adha Rabu besok (23/9).

Abdul Mu'ti juga mengapresiasi sejumlah daerah yang memberi kebijakan hari libur untuk perbedaan peringatan Idul Adha ini. Menurutnya jika tidak diberikan libur, hendaknya umat Islam yang merayakan Idul Adha di hari Rabu (23/9) besok, bisa mendapatkan dispensasi.

Menyikapi perbedaan yang sering terjadi ini, sudah seharusnya kita bersikap bijak. Jangan sampai karena perbedaan tanggal hari raya ini memecah belah persatuan NKRI khususnya umat Islam. Karena setiap warga negara berhak menjalankan ibadah sesuai dengan hak konstitusionalnya tanpa kendala dan hambatan. Termasuk menggunakan fasilitas negara seperti lapangan dan lain-lain, sebab itu merupakan hak publik.

Simak artikel: Prediksi Musim Kemarau di Indonesia Masih Panjang