Skip to main content

Rahasia Memasak Resep Soto Betawi yang Super Lezat

Rahasia Memasak Resep Soto Betawi yang Super Lezat
Rahasia Memasak Resep Soto Betawi yang Super Lezat

WinNetNews.com - Soto Betawi adalah kuliner khas Jakarta yang saat ini bisa dijumpai dimana saja. Soto Betawi merupakan salah satu varian masakan soto yang cukup disukai oleh banyak orang di selur nusantara.

Soto yang terkenal dengan rasa kuah yang gurih ini merupakan perpaduan antara santan, susu, daging sapi dan jeroan. Aroma dan rasa Soto Betawi akan bertambah nikmat saat ditambahkan perasan jeruk limau, bawang goreng, dan kerupuk emping.

Bagaimana cara membuat kuliner yang katanya sudah terkenal sampai ke luarnegeri ini? Simak resepnya berikut ini:

Bahan:

Babat sapi 150 gram

Paru sapi seberat 150 gram

Daging sandung lamur atau sengkel sebanyak 300 gram

Usus sapi 150 gram

500 ml Santan encer sebanyak

200 ml Susu sapi sebanyak

1/2 L air untuk merebus kira-kira 1,5 liter

3 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu (dihaluskan):

3 bh Cabai merah besar

10 butir bawang merah

7 siung bawang putih

1 sdt merica bubuk

2 cm jahe

2 sdt jintan

1 sdt cengkeh

4 lembar daun salam

2 batang serai, yang sudah dimemarkan

Garam secukupnya

Bahan Pelengkap:

Tomat merah potong potong menjadi 12 bagian

Sebatang daun bawang, iris serong halus

Sebatang daun seledri, rajang halus

Bawang goreng

Emping goreng

Sambal cabai rawit

Acar

Cara Membuat:

Rebus daging sengkel dan sandung lamur dengan air, rebus sebentar hingga daging berubah warna, kemudian tiriskan dan buang air rebusan pertama, kemudian rebus daging tadi dengan 1,5 liter air dan 1 sendok makan garam, rebus hingga daging sengkel dan sandung lamur lunak. Angkat tiriskan kemudian potong-potong dadu, sisihkan air kaldunya.

Rebus semua daging jerohan hingga empuk dan tiriskan, kemudian buang air rebusannya karena air rebusan kaldu daging yang kita gunakan sebagai kuah soto. Potong-potong babat, paru dan usus menjadi ukuran kecil.

Panasi kaldu daging dengan api sedang kemudian tumis bumbu halus, daun salam dan sereh dengan minyak goreng hingga matang dan wangi, segera masukkan tumisan bumbu ke dalam air kaldu, aduk hingga rata. Masukkan potongan daging dan jerohan ke dalam air kaldu kemudian tambahkan air susu dan santan, aduk aduk hingga kuah mendidih tambahkan garam dan cicipi kuah hingga di dapat rasa yang pas (sesudah santan masuk terus aduk aduk agar santan tidak pecah/pisah dengan air kaldu). Matikan api, sajikan.

Cara Penyajian:

Sajikan soto dalam mangkuk, beri irisan tomat, daun bawang. daun seledri, dan bawang goreng. Hidangkan bersama emping, sambal, dan acar dalam tempat terpisah.

Jika suka minyak samin, beri 1 sendok makan minyak samin ke dalam mangkuk ketika kuah panas mengepul. Biarkan minyak samin meleleh bersama kuahnya, dan soto siap disantap.

Aroma soto betawi yang khas pastinya cocok sekali untuk dsajikan dirumah, ditambahkan dengan irisan jeruk limau dan beberapa potongan emping, hmm pastinya akan sangat nikmat dan keluarga menyukainya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top