Rahasia Sukses Game COC

Yudha Raditya
Kamis, 03 September 2015 14:22 WIB
Oleh Yudha Raditya pada Kamis, 03 September 2015 14:22 WIB
Image Rahasia Sukses Game COC

image0

Clash of Clans (COC) merupakan salah satu judul game yang masih popular apps baik di toko aplikasi online Google Play Store maupun Apps Store.

Sejak pertama kali dirilis pada 2 Agustus 2012, game ber-genre strategy ini sudah memiliki total jutaan penggemar dari seluruh dunia dan dari berbagai kalangan dan umur, dari anak-anak hingga dewasa.

Tentunya tidaklah instan Kesuksesan yang diraih hingga COC menuju posisi puncak dengan gelar game terpopuler. Supercell selaku tim pengembang game ini bekerja keras dan mengatur strategi agar COC semakin dimainkan oleh banyak orang.

Jonas Collaros, sebagai programmer server COC mengungkap `resep` di balik kesuksesan game kolosal ini pada ajang Game Developers Conference yang dihelat di San Francisco. Ia mengatakan bahwa game tersebut sangat populer karena alasan sederhana yang begitu mendasar, yakni karena gratis.

"Karena gratis, banyak gamer yang akan mengunduh game ini secara `one step at a time` (dengan mudah). Selain itu, game ini juga memiliki gameplay strategy yang simpel, namun berbobot. Gameplay tersebut pun sangat adiktif sehingga tak heran `mengatur` desa dan pasukan di game ini menjadi rutinitas dari keseharian mereka," kata Jonas.

Dijelaskan lebih lanjut, Supercell memang membuat konsep gameplay COC agar dimana gamer selalu terlibat di setiap misi yang dilakukan.

Gamer secara rutin akan memeriksa base atau clan mereka dan mengikat `koneksi` dengan para gamer lain, mengingat COC merupakan game multiplayer. Di dalam kesempatan ini, gamer tentunya akan meluangkan lebih banyak waktu.

"Bila COC sudah menjadi rutinitas harian mereka, maka gamer tersebut kami nilai `loyal` dan bisa memainkan game tersebut dalam jangka waktu yang lama," tambahnya.

Namun, ia mengimbau kepada para gamer agar tidak menjadikan COC sebagai sesuatu yang `mandatory` (wajib) mengingat sebagian besar gamer COC masih merupakan dari kalangan pelajar. Pun begitu, Jonas berharap resep jitunya ini bisa diterapkan sebagai strategi bisnis di industri game yang bisa diadopsi para developer lainnya agar bisa mendulang kesuksesan seperti COC.

 

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
58 Napi Teroris Nusakambangan Dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.