Rahasia Trending Topic di Facebook

Yudha Raditya
Senin, 24 Agustus 2015 13:56 WIB
Oleh Yudha Raditya pada Senin, 24 Agustus 2015 13:56 WIB
Image Rahasia Trending Topic di Facebook

image0

Jakarta - Pernah membayangkan bagaimana Facebook menentukan apa yang akan Anda lihat pertama kali ketika log in? Raksasa jejaring sosial ini punya algoritma khusus untuk itu.

Terlepas dari faktor seperti tempat di mana Anda tinggal dan Facebook Page yang di-follow, algoritma Facebook fokus pada dua hal penting. Pertama, topik yang banyak disebut dan kedua, topik yang secara tiba-tiba mengalami peningkatan mention dalam satu waktu.

Seperti dilaporkan situs Re/Code, Senin (24/8/2015), misalnya penyanyi Justin Bieber disebut lebih sering di Facebook. Maka total volume mention-nya akan selalu lebih tinggi.

Ini belum menjadi indikator pasti untuk menentukan apakah dia menjadi bagian trending topic atau tidak. Maka Facebook akan melihat lonjakan mention relatif di antara obrolan yang menyebut nama Justin Bieber.

"Artinya, trending topic tak hanya sekedar orang atau topik yang paling banyak disebut, mereka harus terkait dengan suatu peristiwa," tulis laporan tersebut.

Ketika topik tersebut teridentifikasi sebagai trending, hal itu seolah akan disetujui oleh kontrol dari para pengguna sendiri yang juga akan ikut-ikutan menulis deskripsi pendek untuk topik terkait.

"Ini akan terjadi secara otomatis oleh algoritma. Mereka hanya memilih apa yang ada dalam headline," demikian kesimpulan laporan tersebut. 

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Rizal Ramli Klaim PT PLN Merugi Karena Jokowi Tidak Mendengarkan Nasihatnya

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.