Ramai-ramai Media Asing Soroti Rencana Jokowi Temui Putin dan Zelensky

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 3 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Ramai-ramai Media Asing Soroti Rencana Jokowi Temui Putin dan Zelensky
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Winnetnews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menemui Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Rusia Volodomyr Zelensky. Menteri Luar Negeri Retno Sumari mengungkapkan kunjungan itu akan dilakukan setelah Jokowi menghadiri KTT G7 di Jerman pada 26-28 Juni.

Sejumlah media asing pun menyoroti rencana kunjungan Jokowi tersebut. Reuters menyebut Jokowi dapat menjadi juru damai di tengah konflik Rusia dan Ukraina.

"Presiden Indonesia Joko Widodo akan mengunjungi Ukraina dan Rusia pekan depan untuk bertemu mitranya itu dan mendesak resolusi damai atas konflik yang terjadi, demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi," tulis Reuters.

Media asal Singapura, The Strait Times turut memberitakan rencana kunjungan Jokowi tersebut. Mereka menyinggung peran Indonesia yang memegang presidensi G20 pada 2022.

"Indonesia, dengan presidennya saat ini berusaha mencari keseimbangan kepentingan di antara anggota, terlebih di tengah ancaman boikot dari beberapa negara Barat," tulis The Strait Times dalam laporannya.

Sementara itu Kantor Berita Rusia, TASS menuliskan telah menerima sumber dari Kremlin bahwa pertemuan Jokowi dan Putin akan berlangsung pada 30 Juni. Sumber tersebut menyebut Indonesia merupakan mitra politik dan ekonomi yang penting bagi Rusia.

"Ini akan menjadi kunjungan yang sangat penting. Kami sedang mempersiapkannya sekarang," kata sumber tersebut.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...