Rambut Kamu Ketombean? Ini Cara Jitu untuk Menyembuhkannya
Foto: YouTube

Rambut Kamu Ketombean? Ini Cara Jitu untuk Menyembuhkannya

Rabu, 22 Feb 2017 | 15:03 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Ketombe yang muncul di kepala kita benar-benar sungguh mengganggu aktifitas kamu. Karena selain mengurangi percaya diri kamu, kepala kita juga akan sering terasa gatal. Selain itu kamu juga tidak akan percaya diri ketika memakai baju yang berwarna gelap, karena ketika ketombe-ketombe itu rontok dan jatuh di baju kita, butiran-butiran ketombe yang berwarna putih akan sangat terlihat jelas oleh orang-orang yang berada di sekitar kamu.

Sebenarnya cara membasmi ketombe yang membandel itu cukup mudah. Tentunya kamu harus rajin mencuci rambut. Gunakanlah shampo anti-ketombe guna membantu membersihkan masalah tersebut. Cara yang benar menggunakan shampo yaitu jangan sampai menggaruk pada bagian kulit kepala. Sebab, itu bisa merusak akar rambut dan juga kulit kepala. Cara benar keramas yakni cukuplah memijatnya secara pelan dan lembut. Dengan begitu, kandungan shampo mampu meresap kedalam tanpa harus merusak struktur pada rambut. Selain itu, kamu perlu menghindari pemakaian produk-produk rambut seperti misalnya hairspray & gel rambut. Hindarilah pemakaian produk tersebut sampai ketombe lengket tidak lagi bersarang pada rambut anda. Tips untuk menghilangkan ketombe akut serta tebal lainnya yakni membuat rambut terkena paparan sinar matahari. Waktu terbaik melakukannya ialah pada pagi hari. Cara satu ini secara alami bisa mengurangi ketombe yang melekat di rambut.

Nah yang kamu harus benar-benar perhatikan ketika memilih jenis shampo khusus untuk anti ketombe. Shampoo khusus anti-ketombe terbaik umumnya mengandung zat zinc pyrithione, asam salisilat, dan juga selenium sulfida ataupun ketoconazole. Tiap zat itu memiliki kegunaan masing-masing. Seperti pada zinc pyrithione mampu mematikan jamur Malassezia yang memang dianggap sebagai salah satu penyebab munculnya ketombe. Sedangkan zat asam salisilat berguna membersihkan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Tidaklah setiap shampo baik dan cocok menghilangkan ketombe. Khasiatnya tergantung kondisi kulit dan juga tubuh anda. Oleh karena itu pilihlah shampo yang memang sesuai dan direkomendasikan dengan jenis pada rambut anda.

Saat ketombe yang menempel sedang parah-parahnya, kamuperlu keramas dengan shampo antiketombe setiap hari. Namun, setelah ketombe yang tebal itu sudah mulai berkurang, kamu bisa mengurangi frekuensi keramas hanya dua atau tiga kali setiap minggu. Pada waktu keramas, kamu tidaklah perlu terburu-buru membilasnya. Diamkanlah setidaknya 5 menitan agar shampoo mampu menyerap kedalam akar rambut. itulah cara alami untuk menghilangkan ketombe parah yang direkomendasikan. Kalau ternyata, setelah melaukan penanganan tersebut hasilnya belumlah sesuai harapan, dianjurkan datang ke dokter guna memperoleh penanganan yang lebih lanjut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...