Rasakan Manfaat Tidur Siang di Kantor

Rasakan Manfaat Tidur Siang di Kantor

Sabtu, 30 Jan 2016 | 20:05 | Muchdi

WinNetNews.com - Jangan pernah mengabaikan rasa kantuk yang kerap menyergap Anda usai santap siang. Bila mata sudah terlalu berat untuk diangkat, tidur siang selama 45 menit dapat membantu Anda merasa segar kembali.

Peneliti dari Saarland University di Jerman, mengatakan bahwa tidur siang selama 45 menit dapat meningkatkan memori seseorang lima kali lebih besar. Sebab selama tidur siang, semburan aktivitas di otak yang dikenal dengan sleep spindles memainkan peran penting dalam melakukan konsolidasi informasi yang baru dipelajari.

 

"Kinerja otak peserta yang tidur siang selama 45 menit sama baiknya seperti sebelum tidur, yaitu masih mengingat materi yang dipelajarinya," kata Profesor Axel Mecklinger seperti dikutip Daily Mail, Jakarta, Sabtu, (30/01/2016).

image0

 

Menurutnya, tidur siang dalam waktu yang singkat selama di kantor atau di sekolah meningkatkan keberhasilan seseorang menyerap informasi secara signifikan. "Di mana pun berada, harus mulai berpikir cukup serius tentang efek tidur siang," kata Alex menambahkan.

Sebelumnya, para peneliti juga menemukan, tidur siang selama 30 menit dapat menghilangkan stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian yang telah dipublikasikan di Endocrine Society's Journal of Clinical Endcrinology & Metabolism menyebut langkah ini sebaiknya dilakukan untuk yang kurang tidur.

"Berdasarkan data yang kami miliki, disarankan tidur siang selama 30 menit untuk memulihkan kembali hormon yang menurun akibat tidur yang kurang semalam," terang peneliti dari Université Paris Descartes-Sorbonne Paris Cité, dr Brice Faraut.

sumber dari liputa6, Jakarta

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...