Rating Selalu Rendah, Inikah Alasan Drakor Bertema Idol K-Pop Kurang Diminati Penonton?

Nisa Diniah

Dipublikasikan 9 hari yang lalu • Bacaan 2 Menit

Rating Selalu Rendah, Inikah Alasan Drakor Bertema Idol K-Pop Kurang Diminati Penonton?
Foto: Allkpop

Winnetnews.com -  Drama Korea Idol: The Coup belakangan ini menjadi sorotan para fans K-Drama. Bukan karena alur cerita dan para pemainnya, tetapi ratingnya yang jeblok.

Sejak tayang perdana, Idol: The Coup hanya mampu mencatat rating 0%, dan tak pernah menembus 1%. Pada episode terbaru yang tayang hari Selasa (23/11), drama yang dibintangi Hani EXID, EXI WJSN dan Solbin Laboum ini meraih rating 0,7%.

Demikian pula, drama Let Me Be Your Knight yang dibintangi banyak idol pria terkenal seperti Jun U-KISS, JR NU'EST, Yoon Jisung Eks Wanna One, Kim Donghyun AB6IX juga hanya mencatat 1-2% rating meskipun tayang di SBS, salah satu saluran TV Korea "Big3".

Drama tentang dunia idol K-Pop yakni Imitation yang tayang di KBS tahun ini juga meraih rating rata-rata kurang dari 1%. Padahal drama ini dibintangi beberapa idol terkenal seperti Jun U-KISS, Jiyeon T-Ara, Im Nayoung Eks IOI/PRISTIN, member ATEEZ dan SF9.

Faktanya, Korea Selatan memiliki drama yang sangat sukses tentang idol K-Pop di masa lalu berjudul Dream High tahun 2011. Namun sejak itu, sederet drama Korea dengan topik tentang kehidupan dan karir para idol K-Pop tidak lagi menarik perhatian penonton.

Meski disambut hangat fans K-Pop, sejumlah drama Korea yang berhubungan dengan idol K-Pop kerap gagal total. Selain ratingnya yang rendah, plot dan kemampuan akting para pemainnya juga tidak mendapat review yang baik.

Sebuah postingan di forum komunitas online Korea The Qoo baru-baru ini membahas tentang rating drama Korea bertema idol K-Pop. Postingan tersebut berjudul, "K-Pop memiliki begitu banyak popularitas, tetapi mengapa rating penonton drama idol seperti ini?".

Dalam postingan tersebut, disebutkan bahwa idol K-Pop menciptakan sensasi global, termasuk BTS, BLACKPINK, TWICE, Aespa, dan lainnya. Namun, terlepas dari popularitas K-Pop yang luar biasa, tanggapan terhadap drama Korea yang menggambarkan kisah idol K-Pop justru tak disambut hangat.

Postingan tersebut langsung menarik perhatoan netizen Korea yang ikut berkomentar. Tak sedikit netizen Korea yang mengungkapkan alasan mereka terkait rating rendah dari drama Korea bertema idol K-Pop.

"Kami melihat apakah mereka benar-benar pandai berakting dan dramanya menyenangkan," kata netizen Korea dikutip The Qoo via Allkpop.

"Akting mereka adalah alasannya," ujar netter lain.
"Itu karena tidak semua penonton drama adalah fans idol K-Pop," tambah netter lain.

"Meskipun rating rendah tetapi reaksinya sebenarnya positif untuk drama itu," sambung netter lain.

"Mengenai mayoritas publik, konsumsi konten idol sebenarnya hanya sebatas menonton konten idolnya sendiri tidak sampai menonton drama tentang 'Idol'," ucap netter lain.

"Jika drama itu menyenangkan, orang-orang akan menontonnya. Mengapa mereka tidak menontonnya? Orang-orang yang membuat drama itu tidak tahu apa yang disukai penggemar idol jadi itu sebabnya orang-orang tidak menontonnya," komentar yang lainnya. 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...