Ratu Elizabeth II Penguasa Inggris Terlama

Ratu Elizabeth II Penguasa Inggris Terlama

Ratu Elizabeth II tercatat sebagai penguasa Kerajaan Inggris terlama pada sore hari ini, Rabu (09/09/2015) waktu setempat.

Tepat pada pukul 17.30 waktu setempat, Ratu Elizabeth II berkuasa selama 63 tahun dan 7 bulan atau tepatnya 23.226 hari, 16 jam, dan 30 menit. Catatan ini melampaui rekor yang dipegang oleh mendiang Ratu Victoria, nenek buyut Ratu Elizabeth II.

Ratu Victoria mulai berkuasa pada 1837, saat dia berusia 18 tahun hingga akhir hayatnya pada 1901. Ratu Victoria tercatat menduduki tampuk kekuasaan selama 63 tahun, tujuh bulan, dan dua hari.

Untuk memperingati masa kekuasaan Ratu Elizabeth II, semua urusan di majelis rendah ditunda selama setengah jam sehingga semua anggota parlemen dapat menghormati sang ratu.

Di Sungai Thames, iring-iringan kapal bersejarah, kapal pesiar, dan kapal penumpang akan ambil bagian dalam prosesi yang berlangsung antara Tower Bridge dan Gedung Parlemen. Jembatan akan terangkat sebagai tanda penghormatan dan kapal perang HMS Belfast bakal melepaskan tembakan sebanyak empat kali.

Ratu Elizabeth II sendiri tidak akan berada di London. Bersama suaminya, Ratu Elizabeth II akan meresmikan jalur rel Skotlandia yang menelan biaya 294 juta poundsterling.

Ratu Elizabeth II menjadi penguasa Kerajaan Inggris pada 1952 ketika masih berusia 25 tahun setelah ayahnya, Raja George VI, wafat. Selama masa kekuasaan Ratu Elizabeth II, Inggris telah diperintah 12 perdana menteri.