Ratu Inggris Terpaksa Setujui 'Megxit', Harry dan Meghan Bisa 'Hidup Bebas'
Keluarga besar Ratu Elizabeth II dan Pangeran Wiliams. [Foto: Bostonglobe.com]

Ratu Inggris Terpaksa Setujui 'Megxit', Harry dan Meghan Bisa 'Hidup Bebas'

Selasa, 14 Jan 2020 | 16:50 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Ratu Elizabeth II dengan terpaksa telah menyetujui cucunya, Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk menjalani kehidupan yang lebih mandiri setelah keluarga kerajaan Inggris mengadakan pembicaraan khusus pada Senin (13/1).

Kata sepakat itu dicapai setelah Ratu Elizabeth II dan Pangeran Harry melakukan diskusi yang juga dihadiri oleh Pangeran William dan ayahnya, Pangeran Charles.    

“Keluarga kami sepenuhnya mendukung keinginan Harry dan Meghan untuk menciptakan kehidupan baru sebagai keluarga muda. Meskipun kami lebih suka jika mereka tetap menjadi anggota keluarga kerajaan yang bekerja penuh waktu, kami menghormati dan memahami keinginan mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih mandiri sebagai keluarga sambil tetap menjadi bagian keluarga kami,” Kata Ratu Elizabeth II, yang menyebut nama langsung tanpa gelar kebangsawanan Pangeran Harry, Duke of Sussex, seperti dikutip Tempo.co.

Krisis Kerajaan Inggris dipicu ketika pasangan suami istri (pasutri) Pangeran Harry dan Meghan secara terbuka mengumumkan jika mereka ingin mundur dari tugas kerajaan dan menghabiskan lebih banyak waktu di Amerika Utara.

Meskipun sebelumnya pasangan ini telah memberikan sinyalemen atas keputusan mereka, namun baik Ratu Elizabeth II maupun Pangeran Charles tidak diajak berkonsultasi sebelum keputusan ini diumumkan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Langkah Pangeran Harry ini dianggap menyakitkan dan belum dewasa bagi sebuah keluarga kerajaan yang akarnya telah melalui ribuan tahun sejarah Eropa.

Keputusan Pangeran Harry juga telah menimbulkan kecurigaan publik bahwa terjadi perpecahan di keluarga Kerajaan Inggris.

Pangeran Harry dan Meghan mengatakan mereka menginginkan peran baru yang progresif, untuk diri mereka sendiri dan mereka juga berharap dapat mandiri secara finansial.

Sebagai salah satu pasangan paling glamor di dunia, mereka juga telah menjelaskan bahwa mereka berjuang dengan pengawasan media yang intens.

Akan tetapi, belum jelas bagaimana mereka akan melakukan penarikan diri dari peran kerajaan yang oleh beberapa media dijuluki “Megxit”.

Saat ini Pangeran Harry dan Meghan hidup didanai oleh uang dari wilayah Pangeran Charles Duchy of Cornwall karena peran kerajaan telah menghalangi mereka mencari pendapatan pribadi.

“Ini adalah masalah rumit bagi keluarga saya dan ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi saya telah meminta keputusan akhir dalam beberapa hari mendatang” kata Ratu Elizabeth II dalam sebuah pernyataan.

Meghan saat ini sudah berada di Kanada bersama putranya, di mana Pangeran Harry dikabarkan akan menyusul segera.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengatakan sebagian besar warga Kanada sangat mendukung kehadiran bangsawan di negara itu.

Akan tetapi, bagaimana dan jenis biaya apa yang harus dibayarkan (pajak) masih banyak yang harus diskusi.

Imigrasi Kanada memastikan, tidak ada ketentuan dalam undang-undang kewarganegaraan Kanada yang memberikan status khusus kepada anggota keluarga kerajaan.

Untuk menjadi penduduk tetap yang sah di Kanada, seseorang harus mendaftar melalui proses imigrasi normal.

Ratu Elizabeth II telah mengabdikan dirinya sebagai pemegang tahta Kerajaan Inggris sejak 1952.

Dia mendapatkan penilaian positif dari sebagian besar masyarakat Inggris termasuk kaum Republikan.

Namun keluarga itu juga terkadang menghadapi tuduhan sebagai kelompok orang yang penyendiri dan tidak mudah tersentuh. [tempo]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...