Ratusan Makam Fiktif Dibongkar

Ratusan Makam Fiktif Dibongkar

WinNetNews.com - Ratusan makam diduga fiktif ditemukan di Tempat Pemakaman Umum Tegal Alur, Jakarta Barat. Modus makam fiktif ini dengan memasang batu nisan layaknya makam asli.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Djafar Muchlis menyatakan, makam fiktif di lokasi ini merupakan yang terbanyak di antara yang lain.

Makam fiktif yang berjumlah 164 dibongkar petugas TPU dengan disaksikan oleh Wakil Wali Kota Jakarta Barat M Zein, Kadis Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Djafar Muchlisin dan Kasudin Pertamanan dan Pemakaman Jakbar Uus Kuswanto di TPU Tegal Alur, Jumat (29/7/2016). Makam-makam itu dibongkar berdasarkan data yang dikumpulkan pengelola TPU.

Djafar juga menegaskan bahwa pihak keluarga telah menyerahkan makam tersebut pada Pemda Jakarta.

Djafar mengatakan 164 makam diduga fiktif yang ada di Tegal Alur diketahui lantaran ditemukan gundukan yang tidak ada dalam catatan registrasi. Gundukan itu diduga sengaja dibuat untuk menyamarkan lahan agar dianggap sudah terisi.

 

sebuah makam fiktif dijual Rp 3-7 juta per unit. Tetapi menurut tarif yang sebenarnya, warga cukup membayar Rp 100 ribu saat awal pemakaman yang ditransfer ke Bank DKI. Setelah 3 tahun, ahli waris membayar Rp 50 ribu untuk biaya perpanjangan selama 3 tahun.