Ratusan Ribu Buruh Akan Unjuk Rasa Pada 1 Mei Nanti
ilustrasi

Ratusan Ribu Buruh Akan Unjuk Rasa Pada 1 Mei Nanti

Jumat, 28 Apr 2017 | 14:49 | Rusmanto

WinNetNews.com - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) bersama serikat buruh lainnya akan menggelar aksi turun ke jalan untuk May day. Aksi itu rencananya akan diikuti oleh 500 ribu buruh di seluruh Indonesia.

"Sekitar 500 ribu buruh diseluruh Indonesia akan ikut dalam aksi memperingati hari buruh internasional ini," ujar Presiden KSPI Said Iqbal dalam jumpa pers, Jumat (28/4/2017).

Aksi itu, kata Said, akan dilaksanakan di sejumlah provinsi di Indonesia. Sekitar 32 provinsi akan terlibat dalam aksi ini.

"Aksi buruh yang akan kita laksanakan pada tanggal 1 Mei nanti akan dilaksanakan di 32 provinsi dan 250 kabupaten dan kota. 500 ribu buruh untuk seluruh Indonesia dan 150 ribu buruh untuk daerah Jabodetabek," ucapnya.

Said mengatakan aksi buruh di sejumlah provinsi tersebut akan digelar di depan kantor Gubernur daerah masing-masing. Sedangkan untuk Jabodetabek, titik kumpul aksi akan berada di daerah Monas.

"Kita akan kumpul di patung kuda, sekitar jam 10.00 WIB. Setelah dari sana kita akan long march ke Istana Negara, rencananya aksi akan berlangsung hingga pukul 19.00 WIB," katanya.

Said mengatakan bahwa belum ada konfirmasi mengenai apakah pihak Istana akan menerima massa aksi. Namun dia tidak mempermasalahkan hal itu. Menurutnya, yang terpenting untuk buruh adalah menyampaikan aspirasi kepada pemerintah.

"Belum dapat dikonfirmasi apakah pihak Istana akan menerima massa aksi. Tapi selama ini memang Istana tidak pernah menerima, dan memang aksi ini kita lakukan lebih kepada penyampaian sikap kita mengenai isu-isu buruh," sebutnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...