Ratusan Sapi Mati Misterius di Riau, Ini Penyebabnya
Foto: Sindo News

Ratusan Sapi Mati Misterius di Riau, Ini Penyebabnya

Senin, 1 Jul 2019 | 15:40 | Daniel

Winnetnews.com - Ada kejadian aneh di Kuantan Singingi, Riau. Belakangan ini hewan ternak sapi ditemukan mati mendadak oleh masyarakat peternak. Hingga kini belum diketahui secara pasti apa penyebab utama yang menyebabkan hal itu terjadi.

Menurut penuturan warga setempat yang dikutip dari Antara, saat ini hewan ternak milik warga banyak yang mengidap penyakit yang tidak diketahui asal-usulnya. Tidak sampai di situ saja, banyak juga yang tiba-tiba mati mendadak.

Peternak berharap ada tenaga ahli yang bisa melakukan pengecekan terkait hal ini. “Sebaiknya ada tim turun untuk melakukan pemantauan dan pendataan,” kata salah satu warga Kuantan Singingi, Iyan.

Kejadian soal sapi yang mendadak mati tersebut juga dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kuantan Singingi, Emmerson. Menurutnya, sapi yang mati tersebut terserang virus bernama “Jembrana”.

Ciri-ciri ternak sapi yang terkena virus jembrana yakni demam tinggi mencapai 38 sampai 45 derajat celcius. Selain itu, selaput lendir mulut sapi ada luka dan sering terjadi pendarahan pada kulit. “Jika sapi sudah terjangkit harus dipisahkan agar tidak menular ke sapi lain,” tukas Emmerson.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...