Ray Sahetapy Sempat Ikut Gafatar, Berikut Penuturannya

Ray Sahetapy Sempat Ikut Gafatar, Berikut Penuturannya

Rabu, 13 Jan 2016 | 18:00 | kontri
WinNetNews.com - Aktor Ray Sahetapy sempat ikut beberapa kegiatan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Bagaimana kesannya? Pernahkah ia melihat baiat calon anggota Gafatar?

"Sepanjang saya ikut, tidak ada (baiat). Tepatnya, saya tidak pernah melihat," kata Ray melalui telepon, Rabu (13/1/2016).

Menurut Polda DIY, Gafatar termasuk organisasi tertutup. Mereka merekrut orang-orang terdekat. Sementara di media sosial beredar informasi bahwa organisasi tersebut menggunakan metode baiat untuk merekrut anggota. Hal itu didasarkan pada kesaksian sejumlah eks anggota dan calon anggota.

Ray mengaku tidak tahu. Ia hanya sekadar ikut kegiatan tertentu, terutama diskusi soal budaya. Aktor kelahiran Donggala, Sulawesi Tengah, ini menceritakan keterlibatannya di Gafatar berawal dari diskusi sekitar tahun 2011.

Saat itu, beberapa pengurus Gafatar datang ke rumah Ray dan mengajak diskusi soal kebudayaan. Dari situlah, aktor yang membintangi puluhan film ini hadir dalam deklarasi Gafatar di Kemayoran pada awal 2012 silam.

"Karena diundang, ya saya hadir. Apalagi dari diskusi sebelumnya, kelihatannya (Gafatar) bagus. Tidak ada yang aneh," aku Ray.

Ray mengaku tidak terlalu jauh larut dalam kegiatan Gafatar. Tentu saja, karena dia sibuk acting . Hanya pada waktu luang saja dia ikut kegiatan. "Sempat ikut beberapa kegiatan di Jakarta, tapi ya cuma diskusi-diskusi. Nggak ada kegiatan aneh," ungkap aktor serba bisa ini.

Meski hadir di deklarasi dan di beberapa kegiatan, Ray bukan pengurus. Apalagi tokoh. Dengan pengurus Gafatar, ia tak terlalu kenal.

Setahun terakhir, Ray tak lagi ikut kegiatan Gafatar. Entah karena Ray tidak diundang atau Gafatar tidak aktif. Menurut mantan Ketua Gafatar DIY, Yudhistira, organisasinya bubar pada Agustus 2015.

Hingga saat ini, Ray tak pernah kontak lagi dengan orang-orang yang terlibat Gafatar. "Baru tahu belakangan ini ternyata Gafatar seperti itu (dikaitkan dengan hilangnya sejumlah orang). Kaget juga saya," tutup Ray.

(dilansir dari detik)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...