Reaksi PM Selandia Baru Jacinda Ardern Terhadap Komentar Rasis Donald Trump
Sumber foto: The New Yorker

Reaksi PM Selandia Baru Jacinda Ardern Terhadap Komentar Rasis Donald Trump

Selasa, 16 Jul 2019 | 14:30 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern berikan tanggapannya mengenai komentar Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang dinilai mengandung unsur rasisme dan xenofobia.

Pemimpin wanita karismatik itu membela empat anggota perempuan Kongres AS dari Partai Demokrat yang disebut Trump berasal dari negara dengan pemerintahan korup dan hancur lebur.

Ardern yang juga sering dijuluki “anti-Trump” oleh media AS itu mengungkapkan ketidaksetujannya terhadap perkataan Trump.

“Biasanya, saya tidak akan mencampuri politik seseorang. Namun kali ini, saya ingin memastikan kepada semua orang bahwa saya tidak setuju dengannya (Trump),” kata Ardern kepada Radio New Zealand.

image0

Ardern membandingkan dengan kondisi pemerintahan di Selandia Baru, bahwa masyarakat Selandia Baru sangat menerima perbedaan. Parlemen adalah tempat para wakil, jadi menurut Ardern harus berisi ragam kultur dan etnis.

Karen itu, lanjut Ardern, para wakil rakyat tidak boleh dipertanyakan asal keturunan maupun hak mereka karena mereka semua layak berada di pemerintahan.

Sebelumnya, pada Minggu (14/7/2019), Donald Trump berkicau di Twitter meminta agar keempat anggota perempuan Kongres AS yang dianggap progresif untuk kembali ke “negara asal” mereka.

“Jika Anda tidak bahagia di sini, Anda bisa pergi. Ini tentang cinta terhadap Amerika,” ujar Trump melanjutkan serangannya pada Senin (15/7/2019), seperti dilansir Kompas (16/7/2019).

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...