Regulasi Jalur Sepeda Belum Jelas, Pengamat Bilang Begini
Jalur hijau khusus sepeda berada satu jalan dengan kendaraan bermotor yang dapat membahayakan pengguna sepeda. [Foto: Poskotanews]

Regulasi Jalur Sepeda Belum Jelas, Pengamat Bilang Begini

Selasa, 29 Okt 2019 | 15:45 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Para pengguna sepeda di DKI Jakarta agaknya masih merasa was-was jika jalur sepeda harus menyatu dengan jalur umum yang dilewati kendaraan bermotor. Pasalnya, pemberlakuan jalur sepeda di ruas jalan tersebut dapat membahayakan pengendara sepeda meski sudah mengenakan alat pengaman.

Menurut pengamat transportasi publik, Azas Tigor Nainggolan, ada baiknya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membuat regulasi yang jelas dan tegas. Fakta di lapangan, masih banyak pengendara motor masih memaksa masuk jalur sepeda, bahkan jadi tempat parkir mobil dan motor.

Sejatinya, jalur sepeda yang digarap Pemprov DKI Jakarta sejak 20 September 2019 sudah ramah lingkungan bagi pengendara sepeda. Namun, pantauan di sepanjang jalan Thamrin hingga Sudirman, jalur lintasan sepeda masih banyak yang terputus dan belum steril dari kendaraan bermotor.

“Keberadaan persimpangan jalan, pertokoan dan perkantoran kerap membuat laju pesepeda bersinggungan dengan motor, mobil, hingga pejalan kaki. Pemprov DKI harus buat jaringan jalur sepeda jangan sampai terputus, karena ini kaitan dengan faktor keamanannya," ujar Tigor seperti dilansir Antara, Selasa (29/10).

Pemprov DKI juga dinilai belum optimal membangun kesepahaman dengan sejumlah perusahaan transportasi publik dalam mengintegrasikan sepeda.

"Belum semua transportasi publik di Jakarta menyediakan gerbong khusus sepeda. Kereta misalnya, memang boleh bawa (sepeda), tapi dimensinya dibatasi hanya sepeda lipat, lalu bagaimana dengan sepeda yang tidak bisa dilipat," lanjutnya.

Bus di Jakarta pun sebagian besar belum menyediakan ruang bagi penyimpanan sepeda. Pengamat dari Forum Warga Kota Jakarta itu juga mengkritisi jalur sepeda yang ‘memakan’ bahu jalan di tengah persoalan kemacetan lalu lintas yang belum terurai maksimal.

"Idealnya jalur sepeda digabung dengan trotoar jalan. Buat saja di atas trotoar," tutupnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...