Regulasi Pemerintah Mampu Melindungi dan Mendorong E-Commerce Lokal

Regulasi Pemerintah Mampu Melindungi dan Mendorong E-Commerce Lokal

Sabtu, 23 Jan 2016 | 10:15 | kontributor

WinNetNewws.com - Belakangan ini transaksi perdagangan secara online sedang mewabah. Hampir semua masyarakat perkotaan menggunakan sistem jual-beli online. Sayangnya e-commerce asing masih banyak menguasai sektor ini.

Untuk mengatasi hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuat sebuah road map e-commerce untuk memberikan cetak biru bagi sektor ini, yang dapat melindungi UKM lokal.

E-commerce memang menjadi primadona akhir-akhir ini. Di china misalnya, total nilai transaksi mencapai USD152 miliar, atau setara 3 kali APBN Indonesia. Sementara di Indonesia sudah mencapai USD20 miliar.

Melihat potensi yang begitu besar, sektor ini wajib ditangani serius oleh pemerintah. Hal ini dikarenakan, pendapatan masif yang akan diperoleh Indonesia dari sektor ini.

Potensi besar ini juga ditanggapi oleh ketua idEA (asosiasi e-commerce Indonesia), Daniel Tumiwa, Jumat (22/1/2016). Menurutnya, jika regulasi pemerintah mengenai konten lokal telah tepat, bukan tidak mungkin pemain lokal dapat berkembang.

"Ya, ruang tumbuh mereka masih banyak sekali, konten lokal sedang cepat sekali perkembangannya," jelas Daniel. Ke depannya, dia berharap agar asosiasinya dapat berjalan selaras dengan peta jalan Kominfo. 

Sumber: Okezone

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...