Rekam Jejak Maria Pauline Lumowa, Pembobol Bank BNI yang Buron 17 Tahun
Foto: Kemenkumham

Rekam Jejak Maria Pauline Lumowa, Pembobol Bank BNI yang Buron 17 Tahun

Kamis, 9 Jul 2020 | 11:34 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Pelarian panjang Maria Pauline Lumowo, salah satu tersangka pelaku pembobolan kas PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. kini telah berakhir. Maria ditangkap NCB Interpol Serbia di Bandara Internasional Nikola Tesla, Serbia pada 16 Juli 2019.

Terkait kasus ini, pemerintah Indonesia juga telah  melakukan upaya ekstradisi kepada pihak Interpol Serbia

"Dengan selesainya proses ekstradisi ini, berarti berakhir pula perjalanan panjang 17 tahun upaya pengejaran terhadap buronan bernama Maria Pauline Lumowa," kata Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dikutip dari Twitter Kemenkumham.

Selain itu Kemenkumham juga menyatkan pemerintah sempat dua kali mengajukan ekstrasi kepada Pemerintah Kerajaan Belanda pada 2010 dan 2014, karena Maria diketahui sudah menjadi warga Belanda sejak 1979.

"Namun, kedua permintaan itu direspons dengan penolakan oleh pemerintah Belanda yang malah memberikan opsi agar Maria Pauline Lumowa disidang di Belanda."

Yasonna menjelaskan, pemulangan Maria juga melalui upaya yang panjang. Namun karena hubungan Indonesia dan Serbia yang baik, akhirnya permintaan ekstradisi Maria Pauline dapat dikabulkan.

"Indonesia dan Serbia memang belum saling terikat perjanjian ekstradisi, namun lewat pendekatan tingkat tinggi dengan para petinggi Pemerintah Serbia dan mengingat hubungan sangat baik antara kedua negara, permintaan ekstradisi Maria Pauline Lumowa dikabulkan. Sempat ada upaya hukum dari Maria Paulina Lumowa untuk melepaskan diri dari proses ekstradisi, juga ada upaya dari salah satu negara Eropa untuk mencegah ekstradisi terwujud," ujar Yasonna.

Maria Pauline tertangkap
Maria Pauline Lumowa ditangkap. Foto: Kemenkumham

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...