Rekaman Menteri Rini dengan Bos PLN Segera Diperiksa KPK
Foto:Istimewa

Rekaman Menteri Rini dengan Bos PLN Segera Diperiksa KPK

Sabtu, 5 Mei 2018 | 15:23 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com- Kasus rekaman yang diduga Menteri BUMN Rini Soemarno dan Direktur PLN,  Sofyan Basir akan diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.

Dikutip dari berbagai sumber yang ada, etua KPK Agus Rahardjo mengatakan, saat ini pihaknya sedang mencari kejelasan ujung pakal pembicaraan dalam rekaman itu. Menurut Agus, ada dua hal yang harus didalami, apakah yang dimaksud rekaman pembicaraan itu bagi-bagi fee proyek atau pembagian saham.

"Kita akan menunggu. Jadi kami harus dalami dulu. Katanya itu bukan bagi-bagi fee,katanya itu pembicaraan mengenai pembagian saham. Coba kami dalami, kami pelajari, apakah ada atau tidak (unsur pelanggaran)," kata Agus.

Agus menyatakan, jika hasil pendalaman rekaman percakapan Menteri Rini dan Dirut PLN berkaitan dengan negosiasi besaran saham, KPK tidak bisa terus melakukan penyidikan. Namun jika terbukti ada bagi-bagi fee dalam pembicaraan itu, KPK akan mengusutnya.

Masyarakat dihebohkan dengan beredarnya rekaman yang diduga Menteri BUMN Rini Soemarno dengan seorang pria yang diduga Direktur Utama PLN Sofyan Basir. Dalam rekaman pembicaraan dari sambungan telepon tersebut, kedua sumber suara itu seperti membahas soal proyek.

Salah satu akun Instagram yang mengunggah rekaman ini adalah dengan nama pertahanan_sipil.

Dikutip dalam rekaman tersebut, ada kalimat yang menyinggung Pertamina dan PLN.

Sementara itu Rini sendiri mengaku sangat dirugikan dengan tersebarnya rekaman pembicaraannya dengan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir. Apalagi rekaman itu disebar secara tidak tidak utuh.

"Jadi saya merasa dirugikan, saya merasa nama saya dicemarkan karena yang beredar sudah dipotong-potong dengan tujuan tertentu yaitu mencemarkan saya," kata Menteri BUMN tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...