Rekaman Pemeriksaan Miryam Haryani Siap Dibuka KPK di Persidangan

Rekaman Pemeriksaan Miryam Haryani Siap Dibuka KPK di Persidangan

Senin, 7 Agt 2017 | 23:09 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - KPK menyatakan siap membuka rekaman video pemeriksaan Miryam S Haryani terdakwa perkara dugaan memberi keterangan tidak benar dalam sidang kasus e-KTP. Video pemeriksaan Miryam akan dibuka dalam persidangan yang diputuskan majelis hakim dilanjutkan.

"Ke depan, proses persidangan kasus dengan terdakwa Miryam Haryani ini akan masuk tahap pembuktian. KPK akan menghadirkan bukti-bukti yang ada, termasuk proses pemeriksaan Miryam yang sempat menjadi persoalan sebelum Pansus hak angket dimunculkan," ujar Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (7/8/2017).

"Kita ingin buktikan bagaimana proses pemeriksaan. Termasuk video saat pemeriksaan," lanjutnya.

Menurut Febri, KPK menyambut dengan positif putusan sela yang menolak nota keberatan (eksepsi) Miryam. Dengan dilanjutkannya sidang, KPK bisa membuktikan dakwaan terhadap kader Hanura tersebut.

"Jadi kalau ada pihak-pihak tertentu yang ingin membuktikan dan mendengar apa yang disampaikan dalam proses pemeriksaan Miryam Haryani dalam kasus e-KTP, maka pengadilan adalah tempat yang paling tepat. Karena memang proses hukum harus dipisahkan dengan politik," sambungnya.

Dalam putusan sela, majelis hakim menyatakan Pengadilan Tipikor berwenang mengadili perkara Novi. Majelis hakim meminta jaksa melanjutkan sidang ke pokok perkara dengan menghadirkan saksi-saksi.

"Menyatakan sah surat dakwaan penuntut umum sebagai dasar pemeriksaan dan mengadili di Pengadilan Tipikor atas nama Miryam S Haryani. Memerintahkan jaksa penuntut umum untuk melanjutkan pemeriksaan perkara atas nama Miryam S Haryani," ujar hakim dalam persidangan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...