Relasi Ekonomis Kanada – Indonesia
Foto: Istimewa

Relasi Ekonomis Kanada – Indonesia

Sabtu, 4 Mar 2017 | 12:25 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com – Berdasarkan data dari Asia Pacific Foundation of Canada, pada tahun 2015, FDI dari Kanada naik sebesar 5.7 persen dibanding tahun sebelumnya. Ini berarti sebelum Trudeau menjabat menjadi PM Kanada. Lalu pada tahun 2016, Kanada menjamin peningkatan yang stabil dalam bidang investasi untuk Indonesia.

“Indonesia adalah negara pusat dalam hubungan Kanada dan ASEAN,” ucap Kepala Canada-ASEAN Business Council (CABC), Jean Charest (9/9/16), seperti dikutip dari Jakarta Post.

Sederhananya, di bawah kepemimpinan Justin Trudeau, Indonesia mendapatkan Foreign Direct Investment (FDI) dari Kanada yang cukup tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian, apabila dilihat dari perspektif yang lebih luas, kenaikan tersebut ternyata lumrah saja.

“Pada tahun 2015, investasi Kanada ke Asia meningkat 26 persen dibandingkan 2014,” tambah Jean Charest.

Peningkatan sebesar 5.7 persen sebenarnya terhitung kecil apabila dibandingkan dengan investasi Kanada ke Jepang yang meningkat sebesar hampir 20 persen. Atau apabila dibandingkan dengan Malaysia yang meningkat sebesar 19 persen. Atau dibandingkan dengan Selandia Baru yang meningkat lebih dari 100 persen. Atau bahkan investasi Kanada ke Korea Selatan yang meningkat sebesar 200 persen.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...