Skip to main content

Rencana Bupati PPU Yusran Aspar Jadikan UPT PU Kecamatan Jadi Role Model di Kaltim

Bupati PPU Yusran Aspar /Foto: istimewa
Bupati PPU Yusran Aspar /Foto: istimewa

WinNetNews.com - Rencana Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar berencana menjadikan UPT Pekerjaan Umum Kecamatan sebagai role model di Kaltim dalam pembangunan jalan usaha tani maupun perbaikan jalan kabupaten mendapat pujian dari beberapa pihak.

Menurutnya Yusran, perbaikan infrastruktur jalan di Kaltim merupakan hal utama yang harus membutuhkan penanganan secara prioritas dan cepat tanpa harus melalui proses administrasi yang panjang.

Ia mengatakan, untuk memperbaiki infrastruktur terutama jalan di Kaltim harus memiliki niat tulus. Karena selama ini perbaikan infrastruktur belum memenuhi harapan dan keinginan masyarakat Kaltim terutama jalan provinsi yang menghubungkan antar kabupaten/kota yang sampai sekarang masih menghadapi persoalan besar.

Untuk menyelesaikan permasalahan infrastruktur jalan ini maka UPT PU Kecakatan merupakan satu solusi, karena progam ini telah berhasil dan memperoleh penghargaan sampai tingkat nasional.

Lebih lanjut Yusran mengatakan, masih banyak akses jalan penghubung yang masih sulit ditembus, karena kurangnya perhatian pemerintah provinsi selama ini. Salah satunya Simpang Silkar menuju Sepaku serta Sotek menuju Bongan, Kabupaten Kutai Barat.

Ia mengaku optimistis progam UPT PU Kecamatan yang digagasnya sejak tahun 2013 ini, akan mampu menjadi solusi untuk menyelesaikan persoalan pembangunan jalan antar kabupaten/kota atau bahkan jalan antar desa di seluruh wilayah Kaltim yang selama ini sulit dilakukan karena keterbatasan anggaran.

“Salah satu contoh, selama ini jika masyarakat PPU ataupun Balikpapan akan melakukan perjalanan darat menuju Kabupaten Kutai Barat, mereka harus menempuh perjalanan selama 13 jam melalui Kota Samarinda kemudian melalui Kutai Kartanegara. Padahal, bila melalui Kelurahan Sotek, Sepaku, Bongan, perjalanan menuju Kabupaten Kutai Barat cukup ditempuh 1 jam lebih perjalanan. Berapa besar biaya dan waktu kita terbuang selama ini,“ kata Yusran.

Menurutnya, gagasan dan ide-ide untuk pembangunan ini bukan merupakan hal yang baru. Sejak menjabat sebagai Bupati PPU pada periode pertama dulu, pengajuan konsep pembangunan jalan penghubung lintas Kaltim mulai Simpang Silkar - Sepaku,

Sotek- Bongan Kutai Barat tersebut telah di sampaikan kepada Gubernur Kaltim. Namun kata dia, hingga saat ini usulan yang disampaikan tidak pernah direspon Provinsi Kaltim.

“Untuk itu, ke depan jika kami memperoleh kepercayaan dari seluruh masyarakat untuk memimpin Kaltim, salah satu yang menjadi prioritas adalah pembangunan infrastruktur jalan lintas Kaltim yang akan dibantu dikerjakan melalui UPT PU Kecamatan yang selama ini telah berhasil dan sukses di Kabupaten PPU,“ harapnya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top