Skip to main content

Resep Istimewa 'Sayur Babanci', Kuliner Langka dari Betawi

Sayur babanci khas betawi. Foto: Okezone
Sayur babanci khas betawi. Foto: Okezone

WinNetNews.com - Mungkin kamu merasa aneh dengan makanan yang bernama sayur Babanci. Kuliner khas Betawi ini memang sulit dan jarang sekali ditemui. Untuk membuat sayur Babanci ini diperlukan tidak kurang dari 21 macam bahan makanan. Mungkin inisebabnya kenapa makanan ini sulit untuk ditemui.

Meskipun namanya sayur, tapi kamu jangan harap akan menemui sayur-sayur di dalam Sayur babacan ini. Biasanya orang-orang Betawi menyajikan Sayur Babanci ini pada saat hari raya, seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Memasak sayur Babanci biasanya diperlukan waktu berjam-jam. Tapi memang rasa Sayur Babanci ini sangat lezat, sehingga sebanding dengan proses memasaknya yang cukup lama.

Kalau kamu ingin mencoba membuat sendiri Sayur Babanci, kamu bisa ikuti petunjuk resep berikut ini. Yuk langsung saja discroll ke bawah.

Bahan-bahan

  1. Daging sapi 500 gram
  2. Tetelan sapi 100 gram
  3. Air bersih 1 liter
  4. Minyak sayur 1 sendok makan
  5. Daur salam secukupnya (3 lembar)
  6. Serai 3 batang (dimemarkan)
  7. Gula merah 2 sendok makan yang sudah dicincang halus
  8. Garam 2 sendokteh (secukupnya)
  9. Santan kelapa encer 1 liter
  10. Air kelapa muda 200 ml
  11. Santan kelapa kental 250 ml
  12. Kelapa parut yang sudah disangrai 2 sendok makan
  13. Kelapa muda 2 butir, kemudian ambil dagingnya

Bumbu-bumbu yang diperlukan

  1. Cabai merah 50 gram
  2. Bawang merah 7 siung
  3. Bawang putih 5 siung
  4. Jahe sekitar 2 cm
  5. Kunyit sekitar 2 cm (disarankan agara dibakar terlebih dahulu sebelum kunyit dihaluskan)

Bumbu dapur yang harus disangrai

  1. Ketumbar 1/2 sendok makan
  2. jinten 1/2 sendok makan
  3. kedaung 1/2 sendok makan
  4. botor 1/2 sendok makan
  5. tai angin 1/2 sendok makan

Untuk bumbu dapur seperti kedaung, botor dan tai angin memang sedikit sulit untuk ditemukan. Tapi kurang lengkap rasanya jika masak sayur babanci tanpa memasukan ketiga bumbu dapur tersebut. Setelah semua bahan-bahan yang dibutuhkan sudah terkumpul, simak cara membuat Sayur Babanci berikut ini!

  1. Rebus daging tetelan sampai matang dan empuk. Kemudian angkat tiriskan dan pisahkan kuah kaldunya.
  2. Tumis bumbu (cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit) bersama dengan daun salam, dan serai hingga harum. Tambahkan gula merah serta garam. kemudian aduk hingga rata dan sisihkan.
  3. Siapkan kaldu (air rebusan tetelan sapi) kemudian masukan bumbu ke dalam kaldu tersebut. Setelah itu panaskan kaldu dengan api kecil. Masukan santan serta air kelapa muda. Lalu masukan daging sapi berikut dengan tetelan yang tadi sudah direbus.
  4. Untuk menjaga agar santan tidak pecah, sebaiknya kuahnya terus menerus diaduk dengan perlahan-lahan. Kemudian masukan bumbu-bumbu sangrai (yang sudah dihaluskan) dan masukan juga kelapa parut yang sudah disangrai.
  5. Terakhir masukkan daging kelapa muda dan aduk hingga merata.
  6. Agar sayur babanci semakin lezat rasanya, taburi dengan bawang goreng dan kerupik emping.

Jika kamu ingin membandingkan masakan sayur Babanci buatan mu dengan buatan cheff di restoran, kamu bisa mampir ke Historia Food & Bar di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, untuk mencicipi Sayur Babanci di sana. Semakin banyak kamu mencicipi satu jenis makanan di tempat yang berbeda, lidahmu akan semakin peka terhadap rasa makanan tersebut, dan semoga saja instink memasakmu semakin meningkat.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top