Resep Kue Kering untuk Lebaran yang Rendah Gula
ilustrasi

Resep Kue Kering untuk Lebaran yang Rendah Gula

Minggu, 24 Mei 2020 | 05:29 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Lebaran sebentar lagi. Sudah punya stok kue kering buat sajian di rumah belum? Hari raya Idul Fitri memang selalu identik dengan jajaran toples cantik berisi aneka ragam kue kering yang menggoyang lidah. Nah, tidak usah cemas jika Anda sedang berusaha mengurangi atau bahkan dianjurkan dokter untuk mengurangi makan manis. Anda bisa, kok membuat sendiri kue kering rendah gula untuk Lebaran yang lebih sehat!

Cara mengurangi porsi gula dalam kue kering

Makan kue kering tidak cukup satu, bukan? Namun, hati-hati buat Anda yang punya berat badan berlebih atau penyakit kencing manis. Kebanyakan makan makanan manis dapat memperburuk kondisi Anda.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kandungan gula dalam kue kering, yaitu:

  • Mengurangi 1/4 porsi gula dari resep. Misalnya jika di resep dituliskan 200 gram gula, gunakanlah hanya 150 gram gula. Anda juga bisa mengurangi gula lebih sedikit lagi dari “standar” ini, namun kue Anda mungkin akan terasa kurang sedap dan warnanya pun kurang menyala.
  • Tambahkan bahan pemanis selain gula. Misalnya ekstrak vanila, kismis, pisang, pala bubuk, ekstrak maple, cengkeh bubuk, dan pemanis alami lainnya.
  • Mengganti gula putih sebagian atau seluruhnya dengan pemanis buatan. Misalnya, nektar agave, sukralosa, stevia, sakarin, atau splenda.
  • Mengganti gula dengan susu bubuk. Ganti ¼ gula dalam resep dengan susu bubuk untuk menambah rasa manis dan juga nutrisi. Misalnya, jika di resep dituliskan 1 gelas gula, maka gunakan gula sebanyak ¾ gelas dan ¼ gelas ganti dengan susu bubuk.

Tidak dapat dipungkiri, tips ini akan membuat sedikit perbedaan pada rasa kue kering yang Anda buat. Namun, setidaknya bisa membantu Anda membatasi asupan gula yang masuk ke dalam tubuh setiap kali ngemil kue kering.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...