Resep Nasi Briyani untuk Menu Santap Sahur yang Lezat

Rani
Kamis, 24 Mei 2018 21:45 WIB
Oleh Rani pada Kamis, 24 Mei 2018 21:45 WIB
Image Resep Nasi Briyani untuk Menu Santap Sahur yang Lezat

winnetnews.com - Mau buat suasana sahur menjadi semangat? Anda bisa coba bikin makanan sahur yang tak biasa. Aroma makanan yang menyengat dan menggugah selera bisa jadi pancingannya.

Ada banyak olahan nasi, tapi agar lebih istimewa, Nasi Briyani khas India bisa jadi alternatif. Dilihat dari Buku Resep Aneka Nasi Khas Indonesia karya Tim Dapur Demedia, makanan khas India tersebut bisa lho dibuat di dapur Mums.

Perlu diketahui sebelumnya, pada resep asli Nasi Briyani, ada bahan saffron. Tapi, kalau Anda sulit menemukannya, tanpa menggunakan saffron pun makanan tetap lezat. Yuk mulai dicoba resepnya.

Bahan-bahan

400 gram beras, pilih yang pera

1 sdm margarin atau mentega

Bumbu halus

5 butir bawang merah

1 siung bawang putih

1/2 sdt jintan

1/2 sdt adas

1 sdt garam

4 cm jahe, tumbuk gepeng

Bahan pelengkap

10 butir cengkih

200 gram daging sapi, iris kecil-kecil

100 ml yogurt tawar

400 ml air

30 gram kismis

30 gram kenari

1 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat

1. Cuci beras sampai bersih, sisihkan. Panaskan margarin atau mentega, tumis bumbu yang dihaluskan, jahe, dan cengkih sampai harum dan matang. Masuknan daging sapi, aduk sampai berubah warna;

2. Beri yogurt tawar, aduk, dan masak sampai mendidih. Masukkan beras, aduk sampai rata. Tambahkan air, masak sambil sesekali diaduk. Tutup dan kecilkan apinya. Masak sampai air hampir habis;

3. Masukkan kenari, kismis, dan air jeruk nipis. Aduk, lalu lanjutkan memasak sampai nasi matang. Angkat dan sajikan di meja makan.

Cara Move On dari Mantan Pacar
Tips Hidup Hemat Selama Kamu Ngekost, Dijamin Akhir Bulan Tetap Sejahtera

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.