Resep Pecak Ikan Mas Khas Betawi

Rani
Rani

Resep Pecak Ikan Mas Khas Betawi Gambar Istimewa

WinNetNews.com - Tanah Betawi yang saat ini jadi Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia, adalah tempat bercampurnya berbagai suku, budaya, hingga kuliner. Dari dulu sampai sekarang jumlah penduduk di Betawi tidak sebanyak jumlah pendatang yang singgah dan menetap mencari peruntungan di kota Metropolitan ini.

Semakin moderen kehidupan di kota Jakarta, membuat masyarakat Betawi asli yang dulunya mempunyai tanah luas, kini semakin tersisih. Lahan perkebunan kini disulap jadi gedung-gedung bertingkat serta kawasan komersil lainya yang dibangun oleh orang-orang berjuluk "INVESTOR".

Nggak cuma orang Betawi yang tergeser dari tanah kelahirannya sendiri, beragam kuliner khas Betawi pun saat ini cenderung sulit untuk ditemui. Mungkin karena terlalu banyak kuliner yang dibawa oleh para pendatang, jadi nggak banyak orang yang tahu apa saja kuliner-kuliner khas di kota yang dulunya bernama Sunda Kelapa ini.

Sebenarnya, orang Betawi punya beragam aneka masakan yang rasanya lezat, salah satunya pecak ikan mas Betawi. Di artikel sebelumnya, berjudul Yuk, Cicip Lezatnya Pecak Ikan Mas Betawi di Warung Makan ini! sudah disebutkan rekomendasi tempat makan yang menyajikan menu masakan khas Betawi, yang satu diantaranya bernama pecak ikan mas Betawi.

Kali ini kami akan memberikan resep spesial pecak ikan mas Betawi yang bisa kamu jajal di dapurmu. Bagi kamu yang suka masak (dan tinggal di Jakarta) resep yang satu ini wajib dicoba ya! Melestarikan kuliner Betawi yang juga merupakan bagian dari kekayaan bangsa ini, merupakan hal yang sesuatu banget lho!

Yuk langsung saja disimak resepnya!

Bahan

500 gr ikan mas segar ( isi 2 ekor )

air bersih secukupnya

garam 1 sendok teh

air asam jawa 2 sendok teh

500 gr minyak goreng

Bumbu halus pecak ikan

1 sendok terasi

gula merah yang disisir halus 1 sendok teh

kemiri 3 butir

bawang putih 3 siung

bawang merah 5 butir

jahe 2 cm

garam secukupnya

penyedap rasa 1/2 sendok teh

Cara Membuat Pecak Ikan Mas

  • Bersihkan ikan mas dengan air kemudian lumuri dengan garam dan air asam jawa, diamkan selama 15 menit
  • Goreng ikan mas dalam minyak panas sampai matang dan kering, angkat tiriskan dan sisihkan sejenak
  • Tumis bumbu yang dihaluskan dengan sedikit minyak goreng hingga harum
  • Tuang sedikit air lalu diamkan hingga mendidih
  • Tunggu hingga kuah sedikit menyusut lalu tuang diatas ikan mas yang sudah digoreng
  • Pecak ikan mas siap untuk disantap

Gimana Winners? Mudah ya caranya! Bumbu dan bahannya juga gak sulit ditemui kok. Jago memasak masakan Nusantara gak kalah hebatnya kok sama chef yang jago masak makanan Eropa, Korea, Itali, Western, dan lain sebagainya! hihihi

Apa Reaksi Kamu?