(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Resep Puding Mozaik Unik

Rani
Rani

Resep Puding Mozaik Unik

Winnetnews.com - Puding mozaik atau yang juga dikenal dengan istilah puding kaca, adalah salah satu bentuk kreatifitas dalam membuat puding. Gak hanya rasanya yang manis, puding mozaik juga tampil dengan bentuk yang manis dan unik sehingga banyak menarik hati penikmat kuliner. Puding mozaik bisa dinikmati dengan berbagai cara, pertama dimakan begitu saja, atau bisa juga dinikmati dengan campuran susu, vla, santan serta buah. Semuanya bisa dipilih sesuai selera, dan punya cita rasa yang khas masing-masing.

Dari pada penasaran, ikuti resep berikut ini untuk membuat puding mozaik sendiri di rumah yuk!

Bahan-bahan

Bahan 1

Agar-agar jelly 3 bungkus dengan aneka warna
Gula pasir
Air

Bahan 2

Kuning telur 3 butir
Gula pasir 200 gram
Vanilla extract 2 sendok teh atau vanili bubuk 1/2 sendok teh
Jus lemon 1 sendok makan (optional)
Susu kental manis 100 gram
Susu cair full cream 900 hingga 1.000 mili liter

(jika ingin puding dengan tekstur keras gunakan 900 mili liter, namun untuk hasil yang lembut gunakan 1.000 mili liter)
Agar-agar plain putih atau tanpa warna 1 bungkus

Cara membuat

Jelly : Takaran gula dan air untuk masing-masing agar jelly dapat mengikuti instruksi pada kemasan ya. Biasanya sih untuk 1 bungkus agar-agar jelly menggunakan 150 gram gula pasir dan 400 hingga 600 mili liter. silahkan masak jelly sesuai petunjuk hingga matang, dinginkan hingga mengeras lalu potong-potong kotak kecil. campur rata semua jelly agar warnanya cantik kedalam loyang tulban atau loyang yang diinginkan. sisihkan.


Puding Susu Pelapis : Siapkan panci kemudian masukkan gula pasir, telur, vanilla extract atau bubuk vanili dan jus lemon (jika pakai). Aduk dengan spatula dengan cepat yang bertujuan agar gula larut dan adonan menjadi kental, tambahkan susu kental manis, terus aduk hingga rata.
Selanjutnya masukkan sekitar 250 mili liter susu cair ke dalam adonan telur, aduk sampai benar-benar rata. sisihkan.
Langkah berikutnya siapkan panci lainnya untuk memasak puding plain. caranya masukkan serbuk agar-agar, tambahkan 100 mili liter susu cair, aduk rata. selanjutnya tuang sisa susu cair, aduk kembali sampai rata. Masukkan larutan kuning telur dan susu tadi, aduk sampai benar-benar rata. Masak puding dengan menggunakan api kecil sambil terus diaduk hingga menimbulkan letupan kecil. angkat, dan segera tuangkan ke dalam loyang tulban yang berisi potongan jelly.
Aduk perlahan dengan spatula agar larutan puding bisa masuk kedalam dasar loyang dan potongan jelly dapat menyebar hingga hasil akhirnya cantik tidak bertumpukan. Diamkan puding sampai uap panasnya menghilang lalu masukkan ke dalam chiller lemari pendingin atau kulkas hingga mengeras.
Lepaskan puding dari loyang, potong-potong dan puding mozaik siap untuk disantap bersama vla susu jika suka. selesai.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});