Resep Rica-rica Bebek Pedas Empuk Mantap!

Rani
Rani

Resep Rica-rica Bebek Pedas Empuk Mantap!

WinNetNews.com - Resep bumbu rica-rica pedas umumnya digunakan untuk memasak daging ayam. Tetapi sebenarnya apabila dikombinasikan dengan bahan lain, seperti bebek juga rasanya tidak kalah enak lho. Apalagi tekstur daging bebek yang memang lebih basah dan lembut apabila dibandingkan dengan daging ayam.

Dalam mengolah daging bebek memang tidak semudah mengolah daging ayam. Sebab jika tidak pandai mengolahnya, daging bebek akan terasa alot. Untuk itu ada beberapa tips cara membuat resep rica-rica bebek supaya hasil resep bebek rica-rica yang akan kita buat kali ini rasanya selain pedas juga empuk dagingnya sampai ke dalam.

Sesuai dengan karakteristik daging bebek yang lebih basah, untuk membuat dagingnya empuk memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itu, alangkah baiknya jika memasak bebek rica-rica kali ini dengan menggunakan panci presto (panci bertekanan tinggi).

Memasak daging bebek dengan panci presto, selain waktu yang dibutuhkan lebih cepat, tekstur daging bebek akan menjadi empuk hingga ke dalam dan bumbunya akan terserap dengan baik.

Selain itu, perhatikan juga umur bebek yang akan dimasak. Gunakan bebek yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda (sekitar umur 3 bulan). Sedangkan untuk membuat bumbunya, usahakan diulek dengan menggunakan tangan, jangan menggunakan blender. Karena jika menggunakan blender biji cabai akan pecah dan rasanya pun menjadi berbeda (kurang mantap).

Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan dan bahan-bahan untuk membuat bebek rica-rica:

 

Bahan bahan Resep Bebek Rica Rica Empuk Enak

  1. Sesuai namanya, bahan baku utama yang dibutuhkan adalah bebek yang masih segar ukuran sedang sebanyak 1 ekor (kurang lebih bertnya 1 kg). Cuci bersih dengan air mengalir, buang bagian tunggirnya lalu potong potong menjadi 8 potong atau sesuai selera.
  2. Batang serai kurang lebih sebanyak 1 batang saja. Cuci bersih lalu memarkan dahulu supaya aromanya nanti keluar dan harum.
  3. Daun jeruk segar supaya aromanya segar dan mengurangi bau amis kurang lebih sebanyak 3 lembar saja. Cuci bersih lalu buang tulang daunnya.
  4. Gula pasir sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  5. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  6. Air bersih kurang lebih sebanyak 1/2 liter saja.
  7. Gula jawa secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  8. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu rica ricanya.

Bumbu Rica Rica Bebek Pedas Enak

  1. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 pcs saja. Kupas kulit luarnya lalu potong potong kecil supaya mudah saat dihaluskan.
  2. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 pcs. Kupas kulit bawang lalu potong menjadi beberapa bagian supaya mudah dihaluskan.
  3. Buah cabai merah besar sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 6-7 buah. Cuci bersih dan potong potong juga supaya mudah diuleg.
  4. Buah cabai rawit merah besar sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 4-6 pcs.

Cara Membuat Bebek Rica Rica Pedas Enak Empuk

  1. Haluskan bumbu rica ricanya, yaitu bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan cabai merah sampai halus. Sebaiknya dihaluskan dengan cara diuleg supaya aroma dan rasanya lebih keluar.
  2. Siapkan penggorengn dengan api sedang kecil, beri minyak dan masukkan bumbu halus diatas.
  3. Aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisan.
  4. Masukkan dun jeruk yang sudah dihilangkan batang daunnya dan serai yang sudah dimemarkan. Aduk aduk kembali sampai tercampur rata dan matang.
  5. Siapkan panci dan beri air secukupnya. Sebaiknya menggunakan panci bertekanan tinggi atau panci presto supaya daging bebeknya empuk dan enak.
  6. Masukkan bumbu tumisan diatas ke dalam panci beserta daging bebek yang sudah dipotong potong, aduk aduk sebentar kemudian tutup.
  7. Masak sampai dagingnya empuk atau kurang lebih selama 15 menit sampai 20 menit setelah prestonya mendesis.
  8. Selanjutnya buka tutup panci presto dan teruskan memasaknya sampai air di bumbunya mengering dan habis.
  9. Angkat dan tuang diatas piring sajian. Selamat mencoba!

Apa Reaksi Kamu?