Resep Rice Cake (Garaettok ) ala Korea
Garaettok makanan khas Korea. Foto: Istimewa

Resep Rice Cake (Garaettok ) ala Korea

Senin, 13 Feb 2017 | 14:52 | kontributor

WinNetNews.com - Kebudayaan Korea banyak digandrungi pemuda di Tanah Air. Tak berhenti hanya sebatas pada drama korea, girl band dan boy band nya saja, kini makanan khas Korea juga banyak dilirik oleh remaja.

Salah satu makanan yang kini mulai dilirik dan diburu adalah rice cake. Rice Cake adalah salah satu makanan asal negeri Gingseng yang terbuat dari tepung beras dan bentuknya panjang hampir mirip dengan lontong tapi warnanya putih.

Berikut ini ada resep Rice Cake yang mudah dan bebas alkohol. Yuk disimak!

Bahan-bahan yang diperlukan

3 gelas belimbing tepung beras

1 1/4 gelas air

1 sendok teh garam

1 gelas air + 1 sendok teh olive oil/minyak sayur

(minyak digunakan untuk menggulung adonan agar tidak lengket.

Cara membuat

  1. Siapkan wadah (langseng) untuk mengkukus. Panaskan hingga air mendidih.
  2. Sambil menunggu siapkan adonan tepung beras. Campur tepung beras dengan garam dan tambahkan air secukupnya. Kemudian aduk hingga adonan crumble (remah-remah). Jangan diaduk terlalu rata (menjadi satu). Kemudian kukus adonan selama kurang lebih 25 menit.
  3. Setelah itu angkat adonan tepung beras dan masukan ke dalam mesin bread machine untuk dimixer. Atau kamu bisa menggantinya dengan mixer K Beatre. Mixer hingga adonan sangat lembut. Proses mixer ini akan memakan waktu sekitar 20 menit, dan sebaiknya gunakan speed rendah saat adonan dimixer.
  4. Setelah itu, siapkan 1 cup air yang sudah dicampur dengan olive oil atau minyak sayur, kemudian basahi tangan dan tatakan untuk mencetak (meja), lalu gulung-gulung adonan sampai berbentuk panjang dan lonjong. Diameternya kira-kira 1 cm dan panjangnya 3 cm sampai 4 cm. Begitu seterusnya hingga adonan habis dicetak.

image0

Adonan Rice Cake ini bisa disimpan di frezzer dan bertahan hingga berhari-hari. Rice Cake ala Korea atau disebut juga Garaettok ini adalah salah satu variasi makanan dari tteok (kue beras). Makanan yang memiliki tekstur agak kenyal ini biasa diolah oleh masyarakat Korea bersama dengan bumbu Kochujang dan disantap sebagai makanan selingan (camilan).

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...