Resep Sambal Belut Pedas Gurih, Cocok untuk Makan Siangmu!

Rani
Rani

Resep Sambal Belut Pedas Gurih, Cocok untuk Makan Siangmu! Sambal Belut Pedas Gurih spesial. Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Makan ikan yang diolah dengan rasa super pedas memang sudah biasa. Bagaimana jika mengolah daging belut dengan rasa super pedas. Dagingbelut memiliki rasa yang lezat dan gurih. Belut punya banyak penggemar di Indonesia. Tapi tidak sedikit juga orang yang merasa bahwa belut adalah hewan yang menjijikan.

Belut banyak tersebar di Indonesia, dan biasa hidup di daerah yang berair dan berlumpur. Selain rasanya yang lezat, belut memiliki banyak gizi, vitamin, omega 3, omega 6, kalsium, magnesium yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Mengonsumsi belut dipercaya dapat mencegah anemia, menguatkan tulang dan menambah stamina. Belut sama seperti ikan, bisa diolah dengan beraneka ragam masakan, mulai dari digoreng, dipepes, hingga dikukus. Resep yang akan dibagikan kali ini adalah resep sambal belut pedas gurih. Simak langkahnya berikut ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  1. 250 gram belut ukuran kecil
  2. minyak untuk menggoreng secukupnya
  3. Bawang goreng
  4. Daun kemangi

Bumbu sambal

  1. 20 buah cabai rawit merah (cabai setan) (atau bisa ditambahkan dan dikurangi sesuai selera)
  2. 8 buah cabai merah keriting
  3. 2 siung bawang putih
  4. 1 sendok teh garam
  5. 1/2 sendok teh irisan gula merah
  6. 1 cm potongan kencur

Cara memasak Sambal Belut Pedas Gurih

  1. Rendam belut ke dalam air yang diberi perasan jeruk nipis dan beri sedikit garam agar lendirnya hilang. Diamkan belut dalam rendaman sekitar 10 menit.
  2. Buang bagian isi belut dengan cara membelah perutnya, kemudian potong sesuai selera, dan cuci sampai bersih.
  3. Panaskan minyak goreng, lalu goreng belut sampai kering dan matang. Tips agar belut digoreng bisa krispi adalah goreng belut dengan api sedang, kemudian diamkan (jangan dibolak-balik terlebih dahulu), setelah dirasa teksturnya sudah kering (biasanya tidak lengket saat dibalik), kemudian seterusnya goreng dengan api agak kecil.
  4. Angkat dan sisihkan belut yang sudah digoreng.
  5. Goreng bumbu sambal sampai matang, kemudian ulek sambal.
  6. sumir-suwir belut yang sudah digoreng (sesuai selera), kemudian diulek bersama sambal dan aduk-aduk hingga rata.

Sambal belut siap disajikan, agar lebih lezat taburkan dengan bawang goreng dan daun kemangi di atasnya. Resep sambal belut diatas bisa disajikan untuk 4 porsi. Mudah ya caranya, lezat juga, selamat mencoba.

Apa Reaksi Kamu?