Reshuffle Jilid II Sebentar Lagi?

Reshuffle Jilid II Sebentar Lagi?

Presiden Jokowi kabarnya tengah memfinalisasi rencana reshuffle kabinet jilid dua. Partai utama pendukung Jokowi-JK, PDIP, pun punya harapan tersendiri.

"Kita berdoa dan berharap Presiden dalam reshuffle kali ini betul-betul pertimbangannya menyeluruh, komprehensif, dan kemudian betul-betul memaksimalkan sinergitas," ungkap Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno.

Jokowi disarankan membentuk kabinet yang kompak. Sehingga pemerintahan Jokowi-JK dapat berjalan efektif. "Sinergitas itu artinya kekuatan di dalam kabinet dan kinerja kolektif. Karena yang dibentuk bukan Superman atau Superwoman tapi superteam, tim yang super, bukan individu yang super tapi tim yang secara kolektif kuat dan solid," kata Hendrawan.

Karena itu Presiden diharapkan mencopot menteri yang berkinerja kurang baik. "Sudah saatnya kita mengakhiri spekulasi, saatnya semua menteri berkinerja baik," katanya.

Lalu apakah PDIP juga masih mendorong Menteri BUMN Rini Soemarno diganti? "Kita tidak bisa mendikte Presiden, jadi biarlah itu hak prerogatif Presiden, tapi dari penolakan 10 fraksi di DPR soal PMN itu kan sebenarnya sinyal bahwa kementerian ini tidak kredibel di mata fraksi-fraksi di DPR," jawab Hendrawan diplomatis.

disadur dari detik