Resmi Dibuka, Pendaftaran Kartu Prakerja Tahap Pertama untuk 164.000 Orang
prakerja.go.id

Resmi Dibuka, Pendaftaran Kartu Prakerja Tahap Pertama untuk 164.000 Orang

Sabtu, 11 Apr 2020 | 20:55 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Pendaftaran program Kartu Prakerja resmi dibuka, Sabtu (11/4) oleh  Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pendaftaran program Kartu Prakerja resmi dimulai," kata Airlangga.

Berdasarkan keterangan Presiden Jokowi, program ini direncanakan dapat menjangkau 5,6 juta orang. Namun, dilansir dari Detikcom, Airlangga menyatakan, untuk tahap pertama ini hanya dibuka pendaftaran untuk 164.000 peserta.

Jumlah itu diprediksi jauh lebih kecil dari jumlah masyarakat yang tertarik mengikuti program ini. Airlangga menyebut, setidaknya ada 1 juta masyarakat yang mengakses webiste resmi prakerja.go.id dalam seminggu terakhir.

Oleh karena itu, para pelamar nantinya akan diseleksi untuk bisa mendapatkan Kartu Prakerja. "Tahap pertama dibuka dari sekarang sampai Kamis 16 April. Setelah itu baru dibuka gelombang selanjutnya," kata Airlangga.

Airlangga menyebut, para pendaftar yang mendapat Kartu Prakerja nantinya akan diberi kode unik 16 angka.

Kode tersebut dapat digunakan untuk membeli pelatihan yang telah tersedia di berbagai platform seperti Tokopedia, Ruang Guru, dan sebagainya. "Jadi ini bukan kartu fisik tapi kartu yang bisa diakses secara online," kata Ketua Umum Partai Golkar ini.

Airlangga menambahkan, penerima Kartu Prakerja akan menerima manfaat sebesar Rp 3.550.000.

Dari jumlah itu, satu juta bisa digunakan untuk mengakses satu atau lebih pelatihan yang telah tersedia. Sisanya akan diberikan usai pelatihan pertama yaitu sebanyak Rp 600.000 selama empat bulan.

Lalu pasca survei evaluasi sebanyak Rp 50.000 untuk tiga kali survei. Airlangga menambahkan, selama pandemi corona ini pelatihan hanya dilakukan secara online. Namun setelah pandemi berakhir baru bisa dilakukan secara online.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...