Resmi! Jokowi Cabut Perpres Izin Investasi Miras
Presiden Joko Widodo (Foto: dok. Sekretariat Kabinet)

Resmi! Jokowi Cabut Perpres Izin Investasi Miras

Selasa, 2 Mar 2021 | 13:36 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mencabut Peraturan Presiden (Perpres) terkait izin investasi minuman keras (miras).

Penarikan Perpres tersebut dilakukan Jokowi usai mendengar masukan dari sejumlah ulama dari berbagai organisasi, seperti MUI, NUI, dan ormas lainnya.

"Setelah menerima masukan-masukan dari ulama-ulama, MUI, NU, Muhammadiyah, dan organisasi masyarakat (ormas) serta tokoh-tokoh agama yang lain saya sampaikan lampiran perpres pembukaan investasi baru industri minuman keras yang mengandung alkohol saya nyatakan dicabut," ucap Jokowi dalam konferensi pers, Selasa (2/3).

Diketahui, sebelumnya ada perpres tersebut aturan soal investasi miras sempat oleh pemerintah. Namun dalam perpres terbaru pengusaha diizinkan untuk membuka usaha minuman keras.

Diketahui, sebelumnya pemerintah menetapkan industri minuman keras sebagai daftar positif investasi (DPI) terhitung sejak tahun ini, setelah sebelumnya industri tersebut masuk kategori bidang usaha tertutup.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang diteken langsung oleh Jokowi pada 2 Februari 2021 lalu.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...