Reuni 212, Peserta Sambut Kedatangan Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan hadiri Reuni Akbar 212 di Monumen Nasional (Monas), Senin (2/12). [Foto: Rmol.id]

Reuni 212, Peserta Sambut Kedatangan Anies Baswedan

Senin, 2 Des 2019 | 10:10 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Momen 2 Desember atau 212 dapat dikatakan sebagai titik balik atau turning point umat Muslim se-Indonesia sejak tiga tahun lalu, tepat pada 2 Desember 2016.

Momentum bersejarah bagi umat Muslim ini merupakan sikap tegas atas pernyataan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang kala itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta yang salah paham terhadap Surat Al-Maidah ayat 51 yang membuat umat Muslim berang.

Kasus salah pemaknaan ayat tersebut menjadi poin penting kebangkitan umat Muslim di Indonesia. Akibatnya, Ahok pun mempertanggungjawabkan pernyataannya tersebut di balik jeruji besi.

Jauh setelah Ahok masuk penjara, umat Muslim pun hingga kini menandai tanggal tersebut sebagai perayaan laiknya hari raya yang dirayakan tiap tahunnya. Jauh setelah Ahok bebas, 212 menjadi ajang reuni massif umat Muslim dari berbagai penjuru kota.

Kini, ajang reuni 212 mendapat banyak sambutan positif dari berbagai kalangan, meski masih ada segelintir orang yang apatis terhadap momentum ini. Pada Senin, 2 Desember 2019 ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pun tampak hadir pada reuni 212 yang digelar di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Melansir Suara.com, Anies datang tepat pukul 06.00 WIB dengan mengenakan seragam Pegawai Negeri Sipil (PNS), yakni baju PDH warna cokelat dipadu peci hitam.

"Marilah kita sambut bapak Haji Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Indonesia, mari nanti kita dengarkan sambutan dari Gubernur Indonesia," teriak seorang pembaca acara reuni 212.

Untuk diketahui, Persaudaraan Alumni (PA) 212 memutihkan kawasan Monas, Jakarta Pusat menggelar reuni akbar pada 2 Desember 2019. Reuni akbar PA 212 itu diawali salat tahajud berjemaah, salat subuh berjamaah, dan sambutan dari beberapa tokoh.

Ketua Steering Committee (SC) Reuni Akbar PA 212, Yusuf Muhammad Martak mengatakan, Reuni Akbar PA 212 akan selesai pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan sebanyak 9.023 personel tersebut akan diterjunkan di 7 titik sekitar Monas. [suara]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...