Revisi Jadi UU, Pegawai KPK dan Masyarakat Sipil Tabur Bunga

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Revisi Jadi UU, Pegawai KPK dan Masyarakat Sipil Tabur Bunga Aksi tabur bunga di Gedung Merah Putih KPK, Selasa (17/9/2019). (Foto: Detik)

Winnetnews.com - Suasana Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan mendadak diselimuti dingin dan gelap tanpa lampu sedikit pun, Selasa (17/9/2019) sekitar pukul 19.00 WIB. Ratusan pegawai lembaga antirasuah dan koalisi masyarakat sipil tiba-tiba keluar gedung seraya membawa bendera kuning serta miniatur kuburan lengkap dengan batu nisan.

Aksi tersebut merupakan perwujudan setelah disahkannya revisi Undang-Undang (UU) menjadi UU KPK oleh DPR atas persetujuan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Aksi yang diberi nama Renungan Malam Duka ini diwarnai tabur bunga di atas miniatur kuburan tersebut.

Melansir Detik.com, serangan bertubi-tubi dari mulai dugaan calon pimpinan terpilih KPK yang bermasalah hingga pengesahan revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Revisi UU tersebut baru saja disahkan oleh DPR menjadi UU, Selasa (17/9/2019) siang. UU yang baru ini dinilai akan melemahkan penindakan KPK.

Foto: Merdeka.com

Bendera kuning yang dibawa oleh para pegawai yang mengenakan masker ini menandakan matinya KPK karena pengesahan revisi UU oleh DPR. Selain itu, mereka juga melalukan aksi teatrikal dengan menabur bunga pada nisan buatan.

Kemudian, mereka juga menembakkan laser ke logo KPK sebagai simbol komisi antirasuah yang dianggap telah digembosi dari berbagai penjuru oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Apa Reaksi Kamu?